Karawang (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan setempat akan menyiapkan pembangunan akses jalan menuju Stasiun Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di wilayah Karawang.

"Belum ada pemberitahuan dari pemerintah pusat terkait akses jalan itu. Tetapi untuk antisipasi, kita siap membangun akses jalan menuju stasiun tersebut," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan setempat Acep Jamhuri, di Karawang, Selasa.

Ia mengaku hingga kini belum mengetahui titik pembangunan stasiun kereta cepat di wilayah Karawang. Kemungkinan, stasiun itu akan dibangun di wilayah perbatasan Karawang-Bekasi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karawang Aip S Chalil mengatakan, lokasi pembangunan stasiun Kereta Api Super Cepat Jakarta-Bandung rencananya di wilayah perbatasan Karawang-Bekasi.

"Nantinya stasiun itu dibangun di lahan industri yang berada di perbatasan Karawang-Bekasi. Tetapi lahan yang akan digunakan kebanyakan di wilayah Karawang," kata dia.

Pembangunan stasiun itu akan berdekatan dengan jalan tol Jakarta-Cikampek. Dengan begitu, jalan tol Jakarta-Cikampek nantinya menjadi salah satu akses menuju stasiun kereta cepat tersebut.

Meski demikian, kemungkinan besar akan dibangun pula akses stasiun kereta cepat wilayah Karawang.

"Melihat lokasi pembangunan stasiun yang berdekatan dengan jalan tol, kemungkinan besar akan dibangun akses jalan," kata Aip.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016