Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI)  bekerja sama dengan dunia industri memberikan edukasi kepada warga Desa Tanjung Bunga, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, melalui kegiatan pengabdian masyarakat  yang bertajuk “Sosialisasi Pendampingan dan Pengembangan BUMDes Tahun 2022”.

"Vokasi selalu mendukung penuh kegiatan tridarma perguruan tinggi yang dilakukan oleh tiap sivitas akademika. Saya berharap, program kerja sama antara Vokasi UI dengan Perum Jasa Tirta 1 dan PT Inalum terus berjalan sehingga dapat memberikan banyak pelatihan dengan topik terkait pengembangan desa wisata atau dalam bentuk kerja sama lainnya," kata Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono dalam keterangannya, Jumat,

Ia menyatakan program kerja sama dengan industri sudah seharusnya terlaksana sebagai wujud dari kolaborasi antara institusi pendidikan dengan dunia industri.

Baca juga: Vokasi UI beri pelatihan tingkatkan literasi digital pencipta konten

Sementara itu, untuk edukasi yang diberikan kepada masyarakat seputar pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pemasaran digital dalam upaya pengembangan desa wisata. 

Desa wisata merupakan kawasan pedesaan yang menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian pedesaan, mulai dari budaya, adat istiadat, keseharian, arsitektur bangunan, dan tata ruang yang khas.

Selain itu, desa wisata juga menawarkan konsep keterlibatan antara wisatawan dengan kegiatan atau keseharian masyarakat setempat. Misalnya, para wisatawan dapat merasakan bagaimana rasanya menenun kain ulos atau memanen biji kopi bersama warga setempat.

Baca juga: Dosen vokasi humas UI jadi dosen tamu Universitas Queensland

Desa Tanjung Bunga sebagai lokasi utama pengabdian masyarakat ini memiliki banyak aset wisata yang dalam pengelolaannya tentu memerlukan peran BUMDes agar dapat memberi manfaat kesejahteraan bagi warga desa.

Selain itu, pemasaran digital, khususnya melalui media sosial, juga menjadi bagian penting yang dapat dimanfaatkan oleh Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) dalam mempromosikan berbagai aset yang dimiliki Desa Tanjung Bunga.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UI, Dr Diaz Pranita berharap edukasi yang disampaikan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif terkait pengembangan desa wisata melalui pemanfaatan BUMDes dan pengelolaan media sosial yang baik.

Baca juga: Mahasiswa Vokasi UI unggul di kompetisi cerdas-cermat tingkat nasional

"Semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi para warga Desa Tanjung Bunga dalam mengembangkan potensi pariwisatanya," ujar Diaz.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022