Depok (Antara Megapolitan) - Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Isma`il meresmikan penggunaan jalur sepeda di Jalan Margonda Raya Kota Depok, Jawa Barat, Jumat.

"Pembuatan lajur sepeda ini merupakan penerapan dari konsep green city," kata Nur Mahmudi usai meresmikan penggunaan jalur sepeda di Depok.

Hadir dalam peresmian tersebut Kapolres Kota Depok, Kombes Pol Dwiyono dan perwakilan dari Operasi Perangkat Daerah (OPD) serta para masyarakat bikers dan langsung bersepeda mencoba lajur sepeda tersebut.

"Setelah kami coba cukup nyaman, namun memang ada beberapa titik yang menyempit karena memang ada beberapa trotoar yang maju," katanya.

Dikatakannya pembuatan lajur sepeda ini sebagai jawaban atas usulan bikers dan komunitas sepeda dan berharap, melalui lajur sepeda ini dapat menciptakan lingkungan hijau bebas polusi, serta meningkatkan komunikasi, kebersamaan, persatuan dan kesatuan segenap warga Kota Depok.

"Untuk saat ini baru 80 persen optimal, tinggal dilakukan beberapa hal lagi agar bisa 100 persen optimal," ujarnya.

Untuk itu ia mengimbau kepada para pelaku usaha swasta untuk bisa berpartisipasi dalam pembangunannya melalui dana CSR perusahaan. "Nantinya mereka dapat memasang logo perusahaannya di lajur sepeda, hari ini kami undang mereka untuk membahasnya," katanya.

Sementara itu Kapolresta Depok, Kombes Dwiyono, menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menempatkan personel lantas membantu dalam menjaga ketertiban di Jalan Margonda.

"Semenjak diresmikan lajur sepeda. Anggota Lantas akan mulai beraksi di lapangan dan bagi siapa yang melanggar kendaraan memarkirkan sembarangan di lajur sepeda atau Angkot akan langsung ditindak," tegasnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016