Universitas Muhammadiyah Sukabumi kembali menggelar vaksinasi massal untuk umum guna  membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan angka capaian vaksinasi untuk percepatan pembentukan herd immunity atau kekebalan komunal di masyarakat, .

"Dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan UPTD PPK BLUD Puskesmas Selabatu, Kota Sukabumi untuk memberikan layanan vaksinasi kepada masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi," kata Ketua Harian Satgas UMMI Irawan Danismaya di Sukabumi pada Sabtu, (16/4).

Adapun layanan vaksinasi untuk umum ini dilaksanakan di aula UMMI dari pukul 16.00- hingga 19.30 WIB, untuk jenis vaksin yang disediakan antara lain Sinovac, Astrazeneca, Moderna dan Covovax.

Baca juga: Kapolda Jabar apresiasi warga Kota Sukabumi karena capaian vaksinasi tinggi

Layanan vaksinasi yang disediakan mulai dari dosis pertama, kedua hingga booster (vaksin dosis ketiga). Kegiatan ini pun tidak hanya untuk masyarakat umum saja, tetapi bagi juga untuk civitas akademika UMMI.

Menurut Irawan, vaksinasi ini sangat penting untuk kepentingan bersama apalagi sebentar lagi musim mudik lebaran yang di mana prasyarat warga bisa melaksanakan mudik sudah menjalani vaksinasi booster, meskipun saat ini pemerintah tidak melarang warga yang ingin mudik asalkan sudah divaksin.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu berkontribusi UMMI terhadap program yang dijalankan pemerintah mulai dari pusat, Provinsi Jabar dan khususnya Pemkot Sukabumi dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Kolaborasi TNI-Polri amankan vaksinasi di Kota Sukabumi

"Tujuan lainnya dari kegiatan vaksinasi sebagai langkah mempersiapkan kampus UMMI untuk kembali melaksanakan perkuliahan atau pertemuan tatap muka secara penuh," tambahnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Selabatu Riska Rachmawati mengapresiasi langkah UMMI untuk membantu pemerintah dalam upaya peningkatan capaian vaksinasi dan mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di masyarakat.

Kemudian, program ini pun juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melaksanakan vaksinasi serta mempermudah warga untuk mendapatkan layanan vaksinasi. "Ini merupakan ikhtiar bersama untuk bisa mengakhiri pandemi COVID-19 agar tidak semakin berkepanjangan," katanya.

Baca juga: Marinir bantu percepatan pencapaian vaksinasi untuk anak Sukabumi

Masih di tempat yang sama, salah seorang penerima vaksin Qurota A’yuni merasa terbantu dengan adanya layanan vaksinasi massal yang digelar UMMI dengan menggandeng petugas kesehatan dari Puskesmas Selabatu.

"Sebenarnya saya sudah merencanakan vaksinasi booster, tetapi mengetahui adanya acara vaksinasi di UMMI sehingga saya memilih di sini," ujarnya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022