Bupati Bogor  Ade Yasin mendorong Kamar Dagang dan Industri (Kadin) berperan aktif dalam pemulihan ekonomi yang sedang diupayakan pemerintah setempat. 

"Saat ini penularan COVID-19 mulai melandai. Sekarang lah saatnya kita pulihkan ekonomi. Saya pesan ke Kadin Kabupaten Bogor bersinergi dengan Pemkab Bogor dalam memulihkan ekonomi," ungkapnya usai menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) II Kadin Jawa Barat di Sentul, Bogor, Jumat.

Menurutnya, Kadin jangan melulu fokus dalam pengembangan jasa konstruksi, mengingat banyak sektor usaha lain yang perlu diberikan ruang lebih. Apalagi anggota Kadin juga terdiri dari pelaku UMKM.

Baca juga: Lomba lari "Bogor Challenge 2022" jadi harapan pulihkan ekonomi

“Sebetulnya kalau soal dampak pandemi di Kabupaten Bogor, dilihat dari PAD tidak terganggu, artinya tidak ada penurunan pendapatan. Kondisi APBD pun normal. Saya kira kini tinggal penyesuaian antara masa-masa keterbatasan akibat PPKM dengan pelonggaran yang terjadi saat ini,” ujarnya.

Ade Yasin mengaku dalam upaya pemulihan ekonomi dirinya telah menginstruksikan semua dinas agar memiliki semangat dalam pemulihan ekonomi, termasuk menjalankan program Samisade untuk pemulihan ekonomi.

Sementara,Ketua Kadin Kabupaten Bogor Sintha Dec Checawati mengatakan momen Rakorwil II Kadin Jawa Barat juga menjadi ruang evaluasi kegiatan dan rencana kegiatan Kadin dalam melaksanakan kegiatannya serta program-programnya ke depan.

Baca juga: Pemkab Bogor berupaya pulihkan ekonomi imbas pandemi lewat pertanian

“Pada momentum ini juga kami ingin berbagi kebahagiaan dalam bentuk pemberian santunan bagi anak yatim sebanyak 200 orang. Santunan yang kami berikan tersebut Alhamdulillah seluruhnya berasal dari pengurus Kadin Kabupaten Bogor,” kata Sintha.

Sintha memaparkan pada Juni-Agustus 2022 Kadin Kabupaten Bogor akan melaksanakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Jadi Bogor ke-540 dan Hari Ulang Tahun RI ke-77.

Kegiatan yang diberi tagline “Bakti Kadin di Bumi Tegar Beriman” ini dilaksanakan dengan bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemkab Bogor.

Baca juga: Bupati Bogor harap gelombang ketiga COVID-19 tak ganggu pertumbuhan ekonomi

Insya Allah semuanya akan diisi dengan kegiatan pengembangan usaha, dan target kami adalah pada bulan Agustus 2022 ada beberapa produk baru dari UMKM Kabupaten Bogor yang produknya bisa menembus pasar ekspor,” kata Sintha.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022