Wakil Bupati Bogor, Jawa Barat, Iwan Setiawan mendorong Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk aktif menginformasikan ke peserta mengenai tunggakan iuran.

"Informasi tunggakan penting sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam proses pembayaran dan pengurusannya. Jadi mereka bisa rutin bayar iuran, tidak saat sakit saja makanya pelayanan jadi sulit," ujar Iwan usai audiensi dengan jajaran BPJS Kesehatan Cabang Cibinong di Cibinong, Bogor, Selasa.

Ia menyebutkan bahwa ketika BPJS Kesehatan aktif memberikan informasi mengenai adanya tunggakan, para peserta bisa segera melakukan pembayaran sebelum kesulitan ketika sewaktu-waktu ingin menggunakan fasilitas Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baca juga: BPJS Kesehatan Cibinong hindari layanan tatap muka selama pandemi
Baca juga: Pemkab Bogor menaikkan anggaran untuk PBI BPJS pada APBD 2020

Pasalnya, dari hasil audiensi tersebut diketahui bahwa penyebab layanan BPJS Kesehatan kurang lancar dan optimal salah satunya karena banyak status kepesertaan BPJS Kesehatan yang tidak aktif (nonaktif) karena tunggakan premi.

"Dari pertemuan ini kita bisa mengetahui faktor penyebab adanya kesulitan masyarakat dalam mendapatkan layanan BPJS Kesehatan," beber Iwan.
 
Audiensi Pemkab Bogor dengan jajaran BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/4/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor).

Meski begitu, menurutnya Pemkab Bogor siap meningkatkan sinergi dengan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong untuk menghadirkan layanan kesehatan yang mudah dan prima terhadap masyarakat Bogor.

Baca juga: Direksi BPJS Kesehatan "turun gunung" ingatkan bayar iuran JKN-KIS

Sementara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Ondrio Nas menerangkan bahwa prinsip dari BPJS yaitu gotong-royong dan subsidi silang. Ia mengaku siap untuk meningkatkan kolaborasi dengan Pemkab Bogor untuk menghadirkan pelayanan yang mudah dan prima.

"Kita perwakilan dari pemerintah pusat yang ada di daerah, kita juga sama-sama plat merah, siap membantu dan berkolaborasi dengan Pemkab Bogor," ujar Ondrio Nas.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022