Stabilkan harga minyak goreng menjelang Ramadhan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi kerahkan distributor untuk menjual minyak goreng dengan harga yang terjangkau pada Bazar Murah yang diselenggarakan di tiga titik di Kota Sukabumi, Jawa Barat.

"Kami sengaja mengundang para distributor minyak goreng untuk ikut menjual minyak goreng dengan harga distributor kepada masyarakat," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Selasa.

Menurut Fahmi, langkah ini diharapkan bisa membantu masyarakat khususnya yang taraf ekonominya menengah ke bawah agar bisa membeli minyak goreng dengan harga di tingkat distributor atau bukan harga pasaran.

Baca juga: Forkopimda Kota Sukabumi sidak gudang penyimpanan minyak goreng
Baca juga: Warga Kota Sukabumi diimbau tidak lakukan aksi borong minyak goreng

Selain itu, digelarnya bazar murah yang diselenggarakan di Pemerintah Kota Sukabumi ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau, meskipun pada bazar ini tidak seluruh bahan pokok tersedia.

Bahkan distributor diminta untuk menyediakan minyak goreng dalam jumlah yang tidak terbatas, namun demikian pembeliannya tetap dibatasi untuk antisipasi adanya praktek borong yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Lanjut dia, kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan hingga Ramadhan dalam upaya menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan khususnya bahan pokok masyarakat serta memberikan jaminan ketersediaan sembako kepada warga agar tidak panik mendekati Bulan Suci Ramadhan.

Baca juga: Pemkot Sukabumi jamin ketersediaan minyak goreng di pasaran

"Seluruh komoditas kebutuhan pokok masyarakat khususnya minyak goreng tersedia dan persediaannya pun mencukupi hingga lebaran, sehingga warga tidak perlu panik," tambahnya.

Sementara, Kepala Diskumindag Kota Sukabumi Ayi Ajimat mengatakan pihaknya menyediakan sedikitnya 700 paket sembako yang harganya sudah disubsidi oleh Pemkot Sukabumi untuk disebar ke 33 kelurahan dalam tiga hari atau selama bazar murah digelar.

Adapun anggaran yang digelontorkan pihaknya untuk mensubsidi paket kebutuhan pokok masyarakat tersebut yakni Rp51 juta dan untuk bazar murah ini digelar di tiga lokasi antara lain Sekretariat PKK Kota Sukabumi, Kecamatan Warudoyong dan Pasar Lembursitu.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022