Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengapresiasi anggota Satpol PP serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) setempat atas loyalitas serta dedikasi keduanya selaku abdi negara dan masyarakat.

"Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah untuk menjaga ketertiban umum, keamanan, serta melindungi masyarakat," kata Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto pada peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas di Bekasi, Kamis.

Dia mengatakan kondusifitas Kota Bekasi tidak terlepas dari peran serta Satuan Polisi Pamong Praja dan anggota Satlinmas dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban umum.

"Terima kasih telah menunjukkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab," katanya.

Tri mengungkapkan kesiapsiagaan anggota Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum yang profesional dan berintegritas juga turut mendukung upaya pencegahan dan pengendalian serta pendisiplinan penegakan hukum prokes COVID-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

"Saya mengajak seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas semakin meningkatkan semangat dan pengabdian kepada bangsa dan negara demi mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat menuju Indonesia Maju dan Sehat," katanya.

Dia juga menuntut anggota Satpol PP mampu menghadirkan paradigma baru penegakan hukum dan peraturan di daerah dengan meningkatkan profesionalitas serta integritas dalam pelayanan sehingga merubah stigma yang melekat selama ini menjadi positif.

Apresiasi atas pengabdian keduanya juga dibuktikan dengan keikutsertaan dalam penanggulangan COVID-19 di Kota Bekasi sebagai barisan terdepan memberikan perlindungan kepada masyarakat pada saat kondisi darurat.

Tri menyebutkan bahwa penanggulangan penyebaran virus corona seperti penerapan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat hingga percepatan vaksinasi telah dilakukan pemerintah daerah melalui sejumlah upaya.

Upaya itu baik bersifat penanganan medis maupun komponen pendukung lain yakni sosialisasi hingga pendidikan perlindungan dan penegakan hukum protokol kesehatan di setiap lapisan masyarakat.

Dalam konteks tersebut, kata dia, Satpol PP dan Satlinmas memiliki peran penting terutama dalam sosialisasi dan edukasi kepada seluruh masyarakat termasuk pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan serta percepatan vaksinasi masyarakat baik tahap satu, dua, maupun 3.

"Upaya tersebut sampai dengan saat ini masih terus dilakukan dan akan terus dilakukan sampai nantinya COVID-19 benar-benar berakhir," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022