Dinas Koperasi, usaha kecil, dan menengah Kota Bekasi, Jawa Barat menggelar bazar UMKM di Gedung Balai Patriot Komplek Pemkot Bekasi 15-16 Maret 2022 dalam rangka memeriahkan HUT ke-25 daerah itu.

"Berbagai kelompok pelaku UMKM di bawah naungan kami turut memeriahkan bazar ini dengan memajang produk kreasi mereka di booth dan stan bazar," kata Kepala Diskop dan UKM Kota Bekasi Abdillah usai membuka bazar, Selasa.

Dia mengatakan ada 40 peserta yang turut serta memajangkan produk kreasinya mulai dari produk olahan pangan, pakaian, aksesoris serta kerajinan tangan. Bazar kali ini juga diisi dengan kegiatan parade peragaan busana buatan para peserta.

Baca juga: Sambut HUT Ke-25 Kota Bekasi, Dishub gelar uji emisi gratis

Abdillah mengaku kegiatan bazar tersebut juga bertujuan untuk memperkenalkan produk hasil kreasi dari tangan para pelaku UMKM di Kota Bekasi.

"Tentunya kami ingin memperkenalkan dan menunjukkan ke khalayak luas bahwa produk-produk UMKM Kota Bekasi tidak kalah unggul dari lainnya dengan harapan mendapatkan pelanggan baru sekaligus meningkatkan omzet penjualan di masa pandemi ini," katanya.

Pihaknya selama ini juga telah mengakomodasi kebutuhan para pelaku UMKM dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mereka agar memiliki daya saing tinggi.

Baca juga: Disdik Kota Bekasi gelar lomba video pendek dokumenter tingkat SMP

"Mereka diharapkan mampu berkreasi lebih kreatif dalam menyajikan atau mengemas produk-produknya serta dapat berinovasi untuk dapat memasarkan ke pasar yang lebih luas," katanya.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiyah mengapresiasi sistem pembayaran di salah satu stan bazar UMKM yang sudah beralih ke teknologi digital.

"Saya sempat menghampiri salah satu stan peserta bazar, menarik juga karena mereka menerapkan sistem pembayaran melalui aplikasi MOKA pada GoTo yang memudahkan pembeli karena sistem online lebih cepat," katanya.

Baca juga: Dinsos gelar bakti sosial sambut Hari Jadi Kota Bekasi Ke-25

Mobile Payment MOKA ini bisa digunakan untuk layanan pembayaran Ovo, Gopay, Dana, Link aja, Kredivo dan Akulaku. Aplikasi MOKA ini juga bisa mencatat transaksi real time baik bagi pembeli dan penjual untuk catatan pembayaran dengan solusi berbasis Cloud untuk mengoperasikan bisnis multiplatform.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022