Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, membuka peluang bagi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Depok untuk mendapatkan dana hibah demi kepentingan penelitian dan sejenisnya.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Sidik Mulyono dalam keterangannya di Depok, Senin, mengatakan era saat ini, IDI Kota Depok harus terus berinovasi dalam menghadapi disrupsi yang terjadi.

Seperti dengan mengadakan penelitian-penelitian kesehatan ataupun teknologi kesehatan.

Baca juga: Konsultasi terkait COVID-19, Pemkot Depok siapkan pelayanan informasi medis jarak jauh

"IDI Kota Depok sudah memiliki budaya riset yang sangat kuat dan saya mendukung itu," katanya.

Dalam hal ini, ujar Sidik, Pemkot juga mendukung pengembangan organisasi profesi yang ada di Kota Depok.

Melalui, dana hibah Pemkot Depok dapat memberikan bantuan dana untuk IDI Depok melakukan penelitian-penelitian ataupun kepentingan lainnya.

Baca juga: IDI Depok Beri Tips Mudik Tetap Sehat

"Jika ada dana yang diperlukan, silakan diajukan ke Pemkot Depok untuk segera diproses. Walaupun memang prosesnya membutuhkan waktu dan paling tidak mengajukan satu tahun sebelumnya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati yang juga sebagai Dewan Pertimbangan IDI Kota Depok menambahkan, untuk dana hibah ada prosedur dan proses yang harus dilalui.

Paling lambat mengajukan satu tahun sebelum perencanaan program dan anggaran dibuat.

Baca juga: Pemkot Depok berikan dana hibah pembangunan rumah Muslimat NU

"Kalau sekarang perencanaan penganggaran sudah berjalan untuk 2023. Jadi kalau mau mengajukan, paling tidak untuk tahun 2024. Nanti akan dipertimbangkan untuk kegiatan apa dan lain sebagainya," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022