Banyaknya wilayah di Kota Bogor yang terkena bencana alam mulai dari banjir, angin puting beliung hingga tertimpa pohon tumbang menimbulkan keprihatinan semua pihak. Kondisi ini menggerakkan Pemerintah Kota Bogor untuk segera mengambil langkah tanggap menanggulangi bencana. Langkah koordinasi yang diambil Pemkot Bogor diawali dengan pelaksanaan apel siaga bencana yang dipimpin Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman. Apel diikuti seluruh aparat wilayah dan unsur muspika Kecamatan Bogor Tengah, pihak kepolisian, Satpol PP, serta para anggota pramuka bertempat di halaman Markas Kodim 0606, Jalan Jend. Sudirman Kota Bogor, Kamis (19/11).

Usmar yang bertindak selaku pembina apel, menyampaikan banyaknya bencana alam beserta potensinya mengharuskan semua warga Kota Bogor untuk selalu waspada. “Transisi cuaca yang kita lalui dari suhu panas yang cukup ekstrim berganti musim hujan yang cukup ekstrim membutuhkan kekuatan fisik dan mental untuk menghadapinya. Perubahan cuaca ini  menyebabkan meningkatnya curah hujan yang menyebabkan banjir, angin puting beliung yang menyebabkan rumah warga rusak akibat tertimpa pohon. Untuk itu diharapkan semua warga Kota Bogor untuk waspada dan meningkatkan kepedulian antar sesama. Khususnya bagi warga Kota Bogor yang kondisinya lebih beruntung dibanding mereka yang menjadi korban bencana,” urai Usmar.

Bencana yang terjadi, lanjut Usmar, harus disikapi dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan seluruh lapisan warga, mulai dari pemerintah, aparat dan rakyat. “Melalui apel siaga bencana, semoga kita semua dapat memadukan dan menyatukan langkah secara bersama-sama menghadapi bencana ini. Membantu masyarakat yang menjadi korban bencana dengan segala potensi yang kita miliki,” jelasnya.

Usmar berharap, posko siaga bencana yang berada di Kecamatan Bogor Tengah maupun wilayah lainnya mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk fungsi koordinasi dan sinergi. “Sehingga apapun yang terjadi di Kecamatan Bogor Tengah dan wilayah lainnya, dapat dengan cepat ditanggulangi dan ditangani. Doa saya untuk semua lapisan warga Kota Bogor, semoga semuanya diberi kesehatan dan mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa,” sambung Usmar.

Usai memimpin apel pasukan siaga bencana kecamatan Bogor Tengah,  Usmar bersama Dandim 0606, Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Bogor dan pihak lainnya mengecek posko siaga bencana Kecamatan Bogor Tengah. Mulai dari logistik, persediaan makanan yang akan disalurkan serta sarana prasarana penunjang posko. Tidak luput dari pantauan Usmar, kesiapan peralatan dan perlengkapan penanggulangan bencana. (rahmat)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015