Depok (Antara Megapolitan) - Universitas Indonesia menorehkan menjadi satu-satunya wakil Indonesia di 200 ranking universitas terbaik dalam daftar Times Higher Education (THE) untuk BRICS and Emerging Economies Rangkings 2016.

Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis di kampus UI, Depok, Jawa Barat, Jumat mengatakan prestasi ini adalah hasil kerja keras seluruh civitas akademika UI yang bahu membahu memperbaiki kuantitas dan kualitas riset.

Editor dari THE Rankings menilai ribuan universitas di 48 negara yakni BRICS (Brazil, Rusia, India, China, South Afrika) and negara-negara berkembang termasuk Indonesia, Taiwan, Thailand, UEA, dan lainnya.

THE adalah satu-satunya lembaga global pengukur kinerja universitas yang berbasis di London. Pengumuman dilansir THE pada 2 Desember 2015 pukul 21.00 GMT pada acara THE BRICS & Emerging Economies Universitas Summit di New Delhi, India dan informasi ini bisa dilihat dilink https://www.+meshighereduca+on.com/world-university-rankings/2016/brics-and-emerging-economies#!/page/0/length/25.

THE memeriksa kekuatan masing-masing universitas terhadap semua misi utama di bidang pengajaran, penelitan, transfer pengetahuan, penilaian internasional dan jaringan ke industri.

Metode pemeringkatan menitikberatkan pada indikator riset yang dilakukan oleh sivitas akademika.

Lima indikator yang digunakan THE adalah kegiatan belajar mengajar (lingkungan pengajaran) sebesar 30 persen, jumlah dan volume penelitian 30 persen, jumlah kutipan 20 persen, kolaborasi internasional pada staf, mahasiswa dan riset sebesar 10 persen, serta jaringan universitas ke sektor industri sebesar 10 persen.

"Sehingga lembaga harus menunjukkan standar kinerja yang tinggi di seluruh bidang pengajaran, penelitian, penilaian internasional dan link ke industri," katanya.

Editor dari THE Rankings Phil Baty mengatakan Universitas Indonesia berada pada peringkat 171.

Dalam emailnya, Baty menjelaskan sistem penilaian THE BRICS & Emerging Economies Rankings dengan menggunakan 13 indikator kinerja yang sama ketat dengan perankingan THE World University Rankings.

Pihaknya, kata dia, juga hanya memeringkat universitas terbaik dari bidang yang sangat kompetitif dari 48 negara.

Karena itu berada di 200 daftar universitas terbaik adalah sebuah prestasi besar dan Universitas Indonesia harus benar-benar diberi ucapan selamat.

Hanya 35 dari 48 dari negara masuk daftar penilaian bisa menempatkan institusi pendidikan dan riset mereka di 200 besar pemeringkatan terbaru THE.

Sehingga peringkat UI kali ini disebut Baty sebagai pencapaian yang signifikan bagi Indonesia.

Metode penilaian dilakukan THE dengan hati-hati dengan melakukan kalibrasi ulang untuk mencerminkan karakteristik dan prioritas pengembangan perguruan tinggi yang lebih baik di negara berkembang.

Penilaian lebih berat diberikan, misalnya, pada jaringan industri yang dimiliki oleh universitas dan penilaian internasional.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015