Polres Sukabumi Kota kembali menggelar vaksinasi massal untuk masyarakat  dengan menyelenggarakan gerai vaksin presisi dalam upaya membantu Pemerintah Kota Sukabumi mempercepat capaian vaksinasi lengkap 100 persen.

"Kami menggelar program vaksinasi untuk masyarakat agar target vaksinasi lengkap 100 persen bisa segera tercapai," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin di Sukabumi, Kamis.

Menurut Zainal, dalam kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan di gedung auditorium Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) di Jalan Selabintana, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole,  Kota Sukabumi, Jawa Barat pihaknya menyediakan vaksin COVID-19 dosis kedua dan ketiga (booster).

Dipilihnya vaksin dosis kedua dan ketiga ini karena capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Sukabumi 109,71 persen, sementara untuk dosis kedua capaiannya baru 62,71 persen dari jumlah sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Adapun vaksin yang digunakan untuk dosis kedua ini yakni Sinovac dan Astrazeneca dan vaksin dosis ketiga vaksin yang digunakan Astrazeneca. Vaksinasi ini pun tidak hanya untuk orang dewasa dan lanjut usia saja, tetapi juga diperuntukkan untuk anak berusia 6-11 tahun dan 12 tahun ke atas.

Dari hasil pendataan, jumlah peserta yang mendaftar menjadi peserta vaksinasi sebanyak 212 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 203 orang mendapatkan vaksinasi sementara sisanya atau sembilan orang ditunda karena hasil pemeriksaan kesehatan yang bersangkutan belum bisa divaksinasi. 

Kemudian untuk rincian sesuai jenis vaksin, sebanyak 35 orang menggunakan Sinovac dan 168 orang mengginakan Aastrazeneca. Sementara untuk warga yang ingin mendapatkan vaksin dosis ketiga, syaratnya enam bulan sebelumnya sudah mendapatkan vaksin dosis kedua.

"Untuk menarik minat warga datang dan menjalani vaksinasi, kami pun menyediakan paket beras yang dibagikan setelah warga tersebut disuntik vaksin," tambahnya.

Zainal mengatakan vaksinasi ini COVID-19 ini sangat penting dan tujuannya untuk mempercepat terbentuknya herd immnunity atau kekebalan komunal di masyarakat.

Namun demikian, meskipun sudah mendapatkan vaksinasi secara lengkap pihaknya mengimbau kepada warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 sehingga pandemi bisa segera berakhir.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022