Bogor (Antara Megapolitan) -  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bersama dengan jaringan minimarket Alfamart-Alfamidi menyalurkan bantuan alat bantu disabilitas di kantor Kementerian Sosial dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Corporate  Affairs  Director  Alfamart  Solihin dalam keterangannya di Bogor, Selasa, menjelaskan wujud bantuan itu berupa penyaluran bantuan 5.000 unit alat bantu bagi penyandang disabilitas.

"Bentuknya berupa kursi roda, alat bantu dengar, tongkat lansia (kruk dan walker), serta tongkat tunanetra," katanya.

Bantuan  tersebut, katanya, dihimpun dari donasi konsumen Alfamart-Alfamidi selama periode 1 November hingga 31 Desember 2015.

Solihin menjelaskan kegiatan itu merupakan bagian  dari program "Berbagi  Bersama Masyarakat" bekerja sama dengan Yayasan Berani  Bhakti  Bangsa (YBBB).

Selama  periode  penghimpunan donasi tersebut, kata dia, perusahaan mengajak partisipasi konsumen di  toko.

Masyarakat, katanya, juga dapat merekomendasikan  langsung pada pihaknya calon  penerima bantuannya.

Ia menjelaskan peringatan  HDI  yang  jatuh  setiap tanggal 3 Desember tersebut bertujuan untuk  menggugah  kesadaran  dan pemahaman  masyarakat  tentang pentingnya perlindungan serta pemenuhan hak-hak bagi penyandang disabilitas.

Sementara itu Mensos Khofifah Indar Parawansa mengatakan sekitar  80  persen penyandang disabilitas di Indonesia belum memiliki alat  bantu.

"Dengan adanya bantuan ini, semoga penyandang disabilitas dapat lebih produktif sehingga pada akhirnya kualitas hidupnya juga dapat meningkat," katanya.

Mensos juga  mengimbau para  pelaku  usaha agar lebih menaruh perhatian kepada  penyandang  disabilitas.

"Salah satunya melalui program sosial perusahaan  yang dapat dialokasikan dalam bentuk alat bantu disabilitas, seperti yang dilakukan jaringan minimarket ini,¿ katanya.

Sementara itu Manajer Regional Corporate Communication Alfamart Budi Santoso menambahkan perusahaan itu juga akan menyalurkan 50 kursi roda, 40 tongkat tunanetra, 5 kruk, dan 5 "walker" pada acara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo di Kupang, Nusa Tenggara Timur, 20 Desember.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015