Pengurus Tempat Pengolahan Sampah Terpadu -3R (reduce, reuse, recycle) di Perumahan Mutiara Bogor Raya - Graha Padjadjaran, Kota Bogor, memberikan penghargaan kepada 12 tukang sampah di lingkungan tersebut, termasuk kepada satu orang yang menjadi operator sampah terbaik tahun ini.

"Apresiasi untuk petugas sampah terbaik sebenarnya diberikan setiap bulan dan penghargaan utama untuk operator terbaik dalam kurun satu tahun," kata Ketua Pengurus TPST-3R Perumahan Mutiara Bogor Raya - Graha Padjadjaran Dr Bandung Sahari di Kota Bogor, Kamis.

TPST-3R di perumahan tersebut menjadi salah satu tempat pengolahan sampah rumah tangga terbaik di Kota Bogor. 

TPST-3R tersebut merupakan tempat pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, dan pemrosesan akhir sampah, sehingga aman untuk di kembalikan ke media lingkungan.

Di tempat itu juga dilakukan budidaya maggot sehingga bisa membantu perekonomian.

Petugas sampah yang terpilih menjadi yang terbaik adalah Syaeful. Dia bersama rekan-rekannya tidak hanya bekerja membantu dalam pengelolaan sampah rumah tangga dari lebih 900 rumah tangga di perumahan tersebut, melain juga mendapatkan pelatihan berkelanjutan dari pengurus TPST-3R setempat.

Penghargaan yang diberikan berupa uang tunai dan berbagai barang kebutuhan sehari-hari.

Bandung Sahari menegaskan bahwa keberadaan para petugas sampah tersebut telah memastikan lingkungan di perumahan di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, tersebut senantiasa bersih.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022