Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melakukan aksi donor darah massal untuk memenuhi ketersediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, Senin.

"Kegiatan donor darah massal ini sebagai dukungan kami untuk penyediaan stok darah di PMI," Kata Kepala Satpol PP setempat Aulia Pamungkas, di Purwakarta, Senin.

Ia menyampaikan, sesuai dengan informasi yang diterima, data stok kantong darah di PMI Purwakarta saat ini cukup minim dan terjadi kekurangan.

Baca juga: PMI Purwakarta mulai melakukan donor plasma konvalesen
Baca juga: PMI Purwakarta terima bantuan dari Pemkab

"Karena itu kami mengadakan kegiatan ini untuk membantu stok darah yang cukup, sehingga ketika dibutuhkan segera bisa tersedia," katanya.

Ia berharap ke depannya, kegiatan donor darah ini dapat dilakukan secara rutin oleh Satpol PP Purwakarta, sehingga kebutuhan darah di PMI aman dan dapat tercukupi.

Sementara itu, Ketua PMI Purwakarta Lalam Martakusumah menyampaikan terima kasih kepada Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang telah menginisiasi donor darah melalui Satpol PP Purwakarta.

Baca juga: Kementerian Kominfo ajak relawan PMI "menghajar" hoaks

"Ya saat ini, kebutuhan darah kita sangat kurang, terlebih golongan darah AB. Setiap harinya permintaan golongan darah AB sampai 10 labu," kata Lalam.

Menurutnya, saat ini golongan darah AB yang tersedia di UDD PMI Purwakarta tidak mencukupi. Mengingat permintaan darah AB yang cukup tinggi. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022