Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Depok-Bekasi Nuroji mengingatkan agar membangun kota perlu ada 'spirit' budaya dengan melibatkan semua pihak, sehingga tidak berbenturan dengan adat budaya setempat.

"Setiap wilayah punya alam dan budaya dengan kekhasan masing-masing, ini yang perlu terus dikembangkan," kata Nuroji ketika melakukan Diskusi dengan Wartawan di Sekretariat PWI Kota Depok, Senin.  

Nuroji mencontohkan di Tanah Baru Kota Depok Jawa Barat bisa saja dibangun yang berbasis ekonomi kreatif, mulai dari pariwisata, kesenian hingga kuliner setempat.

"Ada wisata keramik, kesenian Gong Si Bolong dan juga ada kuliner betawi," jelas Nuroji yang juga anggota Komisi X DPR RI.

Lebih lanjut Nuroji mengatakan Depok perlu menetapkan baju adat sebagai identitas budaya, agar lebih dikenal lagi masyarakat luas. Saat ini ada sejumlah busana yang diklaim sebagai baju adat Depok, misalnya baju pansi tetapi belum disepakati dan ditetapkan secara resmi.

"Kalau baju pangsi itu kan belum ditetapkan secara resmi," ujarnya.

Untuk itu perlu adanya kesepakatan dari semua stakeholder yang ada di Kota Depok untuk mennentukan baju adat Depok. Sehingga nantinya bisa mengangkat budaya Depok agar bisa semakin maju.
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021