Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat meraih penghargaan ramah sepeda dari organisasi Bike to Work (B2W) atas konsistensinya membangun jalur 'gowes' menuju transportasi hijau atau 'green transportation'.
 
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam keterangan tertulis, Rabu mengatakan penyediaan jalur sepeda ini tidak sekedar sebagai sarana olahraga, juga sebagai bagian dari konsep green transportation yang terus dikembangkan di kota hujan ini.
 
“Mengurangi angkot, mengganti angkot menjadi bus, menambah fasilitas pejalan kaki dan pesepeda. Jadi, Bogor menuju green transportation,” katanya.
 
Bima memaparkan, Kota Bogor pertama kali membangun jalur sepeda pada 2015 di seputar Istana dan Kebun Raya Bogor, kemudian dilanjutkan di ruas jalan lainnya.

Baca juga: DPRD Kota Bogor Khawatir cuaca ekstrem ganggu proyek jalur sepeda
 
Total hingga tahun 202 sudah memiliki 25,8 KM jalur khusus sepeda meliputi SSA, Pajajaran dari Warung Jambu-Lippo Ekalokasari, Juanda dan Sudirman dan menyusul ruas lainnya.
 
Bima yang menjabat juga sebagai ketua APEKSI itu berharap jalur sepeda yang banyak dibangun ini membuat Kota Bogor mempunyai daya tarik lebih sehingga ke Bogor bukan hanya untuk lari tapi bersepeda, wisata kuliner dan lain-lain, sehingga menimbulkan dampak ekonomi bagi warga.
 
Bahkan, Bima mengungkapkan keinginannya untuk mengintegrasikan jalur sepeda Bogor-Jakarta sepanjang 60 KM yang berkolaborasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
Baca juga: Pemkot Bogor siapkan pembangunan jalur khusus sepeda di Jalan Sudirman
 
Kota Bogor meraih penghargaan kota ramah sepeda dari Bike to Work (B2W) Indonesia Award sebagai Kota Ramah Sepeda bersama Yogyakarta kategori Kota Besar / Ibukota Provinsi. Sementara kategori Kota Metropolitan diraih DKI Jakarta dan Bandung.
 
Penghargaan diterima oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, Selasa, yang diserahkan oleh Dewan Penasehat B2W Indonesia Akmal Malik yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta.
 
Langkah awal, ia berencana mengajak Anies Baswedan menjajal gowes Bogor-Jakarta, sepertinya yang telah mencoba puluhan KM jalur tersebut.
 
"kalau kita bangun sama-sama trek sepeda jadi opsi juga bukan hanya untuk olahraga, tapi juga mobilitas yang mendekatkan warga seputar Jabodetabek,” kata Bima.
 
Baca juga: Pemkot Bogor gandeng Unicorn sediakan sepeda gratis keliling KRB dan istana
 
Sementara itu, Ketua B2W Indonesia Fahmi Saimima mengatakan, B2W Indonesia Award merupakan ajang apresiasi dan pemberian penghargaan kepada insan, kelompok dan instansi yang selama ini mempunyai andil besar dalam berkomitmen dan konsisten mendorong budaya bersepeda di Indonesia.
 
“Juga dukungan bagi program Union Cycliste Internationale (UCI) ‘Cycling for All’ dalam mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi, kesehatan, rekreasi atau kegiatan olahraga,” katanya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021