Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun Kota Bogor yang diproyeksikan menjadi tempat rekreasi keluarga dan ruang demokrasi daerah tepat menjelang akhir tahun 2021.
 
Peresmian dilakukan Ridwan Kamil, Jumat, bersama Wali Kota Bogor Bima Arya dihadiri belasan jajaran pemerintah setempat dan ratusan warga yang ditandai dengan pelepasan burung merpati dan penandatanganan prasasti.
 
Momen peresmian yang bertepatan dengan ulang tahun Bima Arya ke-49 ini, Ridwan Kamil dan Bima Arya juga meresmikan zona olahraga dengan melakukan flag off komunitas pelari di jalur joging dan fasilitas fitnes.
 
Baca juga: Gubernur Jabar: Alun-alun Kota Bogor tinggal tunggu heboh di Tiktok
 
Berdiri tepat di depan bangunan Stasiun Kota Bogor pada masa pemerintahan Belanda pada 1881, dengan mengenakan pakaian khas Sunda, sambutan Ridwan Kamil dan Bima Arya disambut antusias warga.
 
Ridwan Kamil menjelaskan Alun-alun Kota Bogor yang mendapatkan bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp15 miliar dan harus dimanfaatkan dengan baik.
 
Alun-alun tersebut menjadi istimewa karena memiliki latar belakang bangunan Stasiun Kota Bogor yang cukup tua dan telah diperindah.
 
Gubernur Jawa Barat itu berharap alun-alun menjadi tempat rekreasi warga yang menyenangkan dan menggambarkan kebersamaan.
 
Baca juga: Pembangunan Alun Alun Kota Bogor sudah capai 20 persen
 
Selain itu, menjadi tempat demokrasi yang bisa digunakan untuk aktivitas berkumpul warga kota hujan itu.
 
"Di alun-alun siapa saja bisa dan boleh berbahagia, berbeda kalau ke mal kadang-kadang hanya bagi yang punya uang. Itu konsepnya,” ujar Ridwan Kamil.
 
Wali Kota Bogor Bima Arya menambahkan peresmian Alun-Alun Kota Bogor merupakan hari bersejarah bagi warga dan Kota Bogor, sekaligus menandakan bersatunya kembali dua elemen bersejarah yang sudah satu abad lebih terpisah, yaitu Stasiun Bogor dengan Taman Wilhelmina yang kemudian diberi nama Alun-Alun Kota Bogor.
 
“Tanpa sentuhan tangan, niat baik dan kebijakan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Alun-Alun Kota Bogor tidak akan terwujud," katanya.
 
Baca juga: Proyek pembangunan Alun Alun Kota Bogor tetap diteruskan
 
Bima menyampaikan mewakili warganya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sekaligus mendesain Alun-alun tersebut.
 
"Atas nama warga Kota Bogor, yang selalu merindukan Kota Bogor seperti dulu, yang selalu mendambakan harmoni Kota Bogor terjaga selalu, dari lubuk hati yang paling dalam kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan seluruh dinas yang terkait,” ungkapnya.*

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021