Manggar, Babel (Antara Megapolitan) - Kontingen  Sumatera Barat hingga Jumat (13/11) sore, untuk sementara memimpin perolehan medali dari cabang atletik dalam ajang Pekan Olahraga Wilayah IX Sumatera di Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

Data dari media center Porwil IX di Kota Manggar yang diterima Antara, Sabtu, tercatat Sumbar memimpin perolehan medali dari cabang atletik dengan perolehan lima medali emas, lima perak dan dua medali perunggu.

Sementara tuan rumah Provinsi Bangka Belitung berada di urutan dua perolehan medali dari cabang atletik yaitu empat medali emas, empat perak dan tujuh medali perunggu.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PASI Kepulauan Bangka Belitung, Harun optimistis tuan rumah akan menambah delapan medali emas pada cabang atletik.

Ia menyebutkan tuan rumah masih memiliki peluang di nomor lompat jauh putri, lompat jangkit putri, sapta lomba putri, 100 meter gawang putri, estafet 4x100 meter putra dan putri, dan 4x400 meter putri.

"Perburuan medali masih tersisa dua hari lagi, peluang kami sangat besar di nomor-nomor tersebut. Meski ada beberapa yang cedera, namun mayoritas atlet kami masih dalam kondisi prima," katanya.

Menurut dia, persaingan dari tiap provinsi cukup seimbang dan hasil perolehan medali sementara kemungkinan berubah karena atlet tiap provinsi  memiliki peluang yang sama untuk menambah mendali.     

"Pada Porwil tahun ini, perolehan medali sepertinya akan merata. Munculnya Sumbar, Sumsel, Riau dan Lampung merupakan bukti adanya peningkatan pembinaan atlet atletik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015