Pemerintah Kota Depok di Provinsi Jawa Barat mulai melakukan vaksinasi COVID-19 pada anak usia enam sampai 11 tahun di SDN Depok 1, Kecamatan Pancoran Mas, Selasa.

Dalam pelaksanaan vaksinasi perdana pada anak usia enam sampai 11 tahun, ada 397 siswa yang mendapat suntikan vaksin COVID-19 di SDN Depok 1.

"Alhamdulillah, rasa bangga karena menjadi salah satu lokasi di Indonesia dan Jawa Barat untuk kick off (awal pelaksanaan) vaksinasi anak," kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

Baca juga: Depok mulai vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 tahun esok
Baca juga: Pemkot Bekasi susun skema vaksinasi COVID-19 untuk anak 6-11 tahun

Ia menambahkan, selain di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, vaksinasi pada anak usia enam sampai 11 tahun juga mulai dilaksanakan di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Banten.

Imam mengatakan bahwa pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia enam sampai 11 tahun selanjutnya akan disediakan di sekolah dan puskesmas di Kota Depok.

"Segera akan kami lakukan percepatan pemberian vaksinasi untuk usia 6 - 11 tahun agar herd immunity (kekebalan komunal) dapat terbentuk secara optimal," katanya.

Baca juga: Anies tinjau vaksinasi COVID-19 anak 6-11 tahun

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati mengatakan bahwa dinas akan berkoordinasi dengan sekolah dan puskesmas untuk menyelenggarakan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia enam sampai 11 tahun.

Ia menjelaskan pula bahwa dalam pelayanan vaksinasi di SDN Depok 1, vaksinasi COVID-19 lebih dulu dilakukan pada siswa kelas III, IV, dan VI karena siswa kelas I, II, dan V masih mengikuti program vaksinasi rutin dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021