Sukabumi, (Antara Megapolitan) - Sekitar 150 siswa dari Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Al-Islami Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat melakukan rapat dengar pendapat dengan anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sukabumi.

"Rapat dengar pendapat dengan pelajar ini untuk mengetahui apa keinginan dari setiap pelajar yang tujuan akhirnya agar pelajar tersebut paham cara dalam menyampaikan aspirasinya baik ke legislatif maupun eksekutif," kata Anggota DPR RI, Desy Ratnasari kepada Antara di sela kegiatan RDP di Kecamatan Cireunghas, Kamis.

Sebelum menyampaikan aspirasinya tersebut, pelajar juga dipancing dengan tayangan media audio visual mulai dari lagu-lagu nasional, daerah dan film tentang wawasan berkebangsaan. Melalui cara ini diyakini si anak akan lebih mudah memahami apa itu wawasan kebangsaan yang salah satunya pelajar juga mempunyai hak untuk menyampaikan aspirasinya di tempat yang tepat.

Menurutnya, salah satu yang tidak kalah penting dari kegiatan rapat dengan pendapat ini, setiap anak juga diperkenalkan apa itu bela negara yang saat ini sedang ramai dibicarakan, agar mereka paham dan tidak khawatir jika mengikuti kegiatan bela negara. Karena selama ini, banyak di benak pelajar kegiatan bela negara tersebut seperti latihan kemiliteran.

"Kami ingin menyampaikan kepada pelajar pentingnya wawasan kebangsaan dengan tujuan untuk menjaga kedaulatan negara ini dari serbuan bangsa asing, walaupun bukan melalui aksi militer tetapi melalui kemajuan teknologi salah satunya gadget," tambahnya.

Desy mengatakan kegiatan ini terus dilakukan oleh dirinya dengan tujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air, karena saat ini anak di usia pelajar sudah mulai terkikis rasa nasionalisme yang salah satu contohnya mereka lebih senang menggunakan gadget dan sudah lupa apa itu arti gotong royong.

"Kami mencoba mengingatkan kepada pelajar akan pentingnya jasa para pahlawan apalagi saat ini momen hari pahlawan yang sudah seharusnya cita-cita pahlawan bisa direalisasikan oleh generasi penerus bangsa," katanya.

Sementara, salah satu pelajar Indah mengatakan melalui rapat dengar pendapat ini ia bisa menyampaikan aspirasinya kepada perwakilan dari DPR RI, karena melalui cara seperti ini ia bisa memberikan masukan kepada legislatif secara langsung.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015