Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat membuka donasi kemanusiaan dengan melakukan penggalangan dana Peduli Semeru untuk membantu para korban terdampak akibat erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu, (4/12).

"PMI Kota Sukabumi ikut prihatin atas terjadinya musibah erupsi Gunung Semeru yang berdampak bagi masyarakat sekitarnya yang kehilangan harta benda hingga keluarganya serta mengalami luka-luka," kata Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo di Sukabumi pada Selasa.

Baca juga: PMI Surakarta kirim tim medis dan bantuan bagi korban Semeru

Menurut Suranto, pihaknya membuka donasi kemanusiaan untuk umum ini sebagai wujud keprihatinan dan kepeduliaan terhadap para korban bencana erupsi yang tersebar di wilayah Malang dan Lumajang, Jatim.

Selain itu, untuk mempermudah masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya yang ingin menyalurkan bantuannya untuk meringankan penderitaan para korban, sehingga warga yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya melalui Donasi Kemanusiaan Peduli Semeru PMI Kota Sukabumi bisa transfer langsung ke rekening Bank Jabar (BJB) dengan nomor rekening 0037004383100 atas nama PMI Kota Sukabumi,

Kemudian, donatur yang ingin turut menyumbang bisa melakukan pemindaian (scan) barcode QRIS atau datang langsung ke Markas PMI Kota Sukabumi. Berbagai bentuk bantuan yang disalurkan donatur baik pribadi, komunitas maupun instansi dipastikan sampai ke tangan para korban erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: PMI siap kirim tambahan ambulans untuk dukung evakuasi korban erupsi Gunung Semeru

"Kita berharap warga dan mitra PMI bisa ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana ini untuk bersama-sama meringankan penderitaan para korban (penyintas) yang saat ini kondisinya memprihatikan karena kehilangan tempat tinggalnya bahkan keluarganya yang menjadi korban meninggal dunia," tambahnya.

Suranto mengatakan kebutuhan yang paling mendesak untuk para penyintas saat ini pakaian, perlengkapan makan, mandi dan tidur, obat-obatan serta makanan. Untuk fasilitas pengungsian sudah disiapkan pemerintah pusat maupun daerah dan PMI pun sudah menyiapkan fasilitas shelter untuk para penyintas.

Baca juga: PMI kirimkan bantuan dan relawan untuk pengungsi terdampak erupsi Gunung Semeru

Di lokasi bencana, relawan PMI yang berasal dari berbagai daerah sudah memberikan pelayanan kepada penyintas, kemudian logistik baik dari PMI Lumajang, Malang dan daerah lainnya mulai disalurkan. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021