Bogor, (Antara Megapolitan) - Mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan mampu berperan besar dalam menjaga kelestarian alam di tengah ancaman kerusakan lingkungan yang semakin nyata.

"Mahasiswa harus keluar dari sangkarnya. Lihat lingkungan sekitar," kata Staf Khusus Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Hanni Adiati pada seminar "Indonesian Ecology Expo (INDEX) 2015" yang diselenggarakan di Kampus IPB, Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Sebagai salah satu pembicara dalam seminar INDEX 2015 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB itu, Hanni mengatakan, mahasiswa harus kritis mencari dan memiliki data-data yang berhubungan dengan perkembangan kerusakan lingkungan, termasuk sejauh mana sikap pemerintah dalam menanggulanginya.

Menurutnya, langkah yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut akan bermanfaat untuk pemerintah dalam menentukan arah kebijakan khususnya masalah lingkungan.

"Fasilitas-fasilitas yang ada di kampus juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas mahasiswa dalam mengawasi lingkungan," katanya lagi.

Pembicara lainnya, Satwa Sunito dari FEMA IPB menyebutkan, pada era keterbukaan informasi dan pesatnya teknologi saat ini seharusnya mempermudah mahasiswa untuk berperan aktif dalam menyikapi kerusakan lingkungan.

"Mahasiswa juga bisa ikut mengintegrasikan diri dengan gerakan-gerakan penyelamatan lingkungan yang ada di sekitarnya. Baik tingkat regional, nasional maupun internasional," katanya.

Selain mahasiswa, lanjut Satyawan, pemerintah juga harus memiliki komitmen yang kuat dalam membuat regulasi di bidang lingkungan. Sehingga persoalan lingkungan seperti kebakaran hutan yang saat ini terjadi tidak terulang lagi.

"Masalah lingkungan berasal dari filsafat hidup manusia yang tidak menghargai lingkungan. Ini harus diubah oleh kita semua," katanya menegaskan.

INDEX 2015 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEMA yang mengangkat berbagai isu seputar kelestarian lingkungan, dan peningkatan gizi masyarakat melalui pengembangan diversifikasi pangan dan pengembangan pangan lokal.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan juga pelajar tingkat SLTA, mengangkat tema "Era Kebangkitan Ekologi".

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015