Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang, Jabar, mengimbau agar masyarakat meningkatkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi gelombang ketiga penyebaran COVID-19 dan antisipasi penyebaran varian baru Omicron.

"Masyarakat harus terus menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. Ini penting untuk mengantisipasi gelombang ketiga," kata Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat dr Fitra Hergyana, di Karawang, Selasa.

Baca juga: Sebelas warga Karawang masih jalani isolasi akibat COVID-19
Baca juga: Penambahan kasus positif COVID-19 di Karawang masih terjadi

Ia mengatakan, sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19 gelombang ketiga di Karawang, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan.

Di antaranya ialah tidak memberikan libur bagi pekerja dan aparatur sipil negara pada 24 Desember hingga 2 Januari 2021.

Selain tidak ada libur pada tanggal tersebut, Satgas COVID-19 dibantu Pemkab Karawang juga tengah mempercepat target vaksinasi.

Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama sudah 68 persen dan 52 persen untuk dosis kedua.

Baca juga: Dua jalani isolasi dan empat warga Karawang masih dirawat akibat COVID-19

Menurut dia, harus ada peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19, di antaranya dengan meningkatkan kedisipilinan prokes.

Selain mencegah penyebaran gelombang ketiga, kedisiplinan prokes juga penting untuk mencegah penyebaran varian baru Omicron, demikian Fitra Hergyana.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021