Pemerintah Kabupaten Sorong di Provinsi Papua Barat mendukung upaya badan usaha milik desa (BUMDES) mengembangkan kegiatan usaha di sektor pariwisata, termasuk upaya BUMDES Kampung Arar mengembangkan tempat wisata kemping di Pulau Sisi.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sorong Silas Ongge Kalami di Sorong, Selasa, mengatakan bahwa dia sudah meninjau tempat wisata kemping yang dikembangkan oleh BUMDES Kampung Arar dengan dukungan mitranya di Pulau Sisi.

Ia mengatakan bahwa selama ini pemerintah kabupaten baru mengembangkan tempat wisata alam di Malaumkarta, Asbaken, dan Malagufuk. "Di wilayah kampung Arar dan pulau-pulau sekitarnya belum," katanya.

Pemerintah Kabupaten Sorong, ia mengatakan, membuka diri untuk bermitra dan berkolaborasi dengan lembaga swadaya masyarakat dan lembaga-lembaga lain dalam mengembangkan sektor pariwisata.

"Kami memberikan apresiasi kepada BUMDES Kampung Arar serta SKK Migas dan mitranya yang telah membuat kawasan wisata camping ground di Pulau Sisi. Setiap kegiatan pariwisata baik pelatihan dan kegiatan lainnya kami akan melibatkan BUMDES Kampung Arar," katanya.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) membantu pengembangan usaha wisata di Kampung Arar bersama kontraktor serta lembaga swadaya masyarakat Yayasan Kasuari dan Kelompok Sosial Peduli Masyarakat Papua. Pengembangan usaha wisata di kampung itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021