New York (Antara/AFP/Antara Megapolitan) - Harga minyak dunia melonjak pada Rabu (Kamis pagi WIB), setelah laporan persediaan AS menunjukkan pasokan minyak pekan lalu naik lebih rendah dari yang diperkirakan, membantu sedikit mengurangi kekhawatiran tentang membanjirnya pasokan global.

Bersiap untuk peningkatan besar lagi dalam persediaan minyak mentah AS, para pedagang terhibur oleh laporan Departemen Energi AS (DoE), karena pasokan minyak mentah naik 3,4 juta barel, sedikit di bawah perkiraan, pada minggu yang berakhir 23 Oktober.

Penurunan stok bensin dan sulingan juga positif untuk pasar.

"Permintaan untuk produk-produk bagus, sesuatu yang menggembirakan," kata Matt Smith dari ClipperData.

"Pasar telah terpukul lebih rendah, dipukuli turun dan dipukul turun ... sejenis kelelahan menjual," katanya, dan "hanya ada  lonjakan minat membeli."

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember, melonjak 2,74 dolar AS atau 6,3 persen, menjadi berakhir di 45,94 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember, patokan global, ditutup di 49,05 dolar AS per barel di London, naik 2,24 dolar AS atau 4,8 persen dari penutupan Selasa.

WTI sudah bergerak lebih tinggi sebelum laporan DoE, yang "memberikan dukungan moderat terhadap pasar," kata Smith. "Tapi pasar terlalu banyak 'oversold' dan ini baru saja diberikan alasan untuk untuk pulih."

Dia memperingatkan bahwa pasar tetap kelebihan pasokan, bukan hanya minyak mentah tetapi dalam produk-produknya juga.

"Sepertinya tidak terlalu banyak di luar sana yang akan mendorong kita naik terlalu jauh dari sini dalam harga," katanya.

Sementara itu, para pedagang mencerna berita kesepakatan AS-Meksiko untuk swap minyak.

Raksasa energi milik pemerintah Meksiko Pemex mengumumkan pada Rabu bahwa ia untuk pertama kalinya akan mengimpor 75.000 barel minyak mentah light per hari dari Amerika Serikat untuk meningkatkan sistem kilangnya, dan sebagai imbalannya mengirim minyak mentah berat (heavy crude) untuk tetangganya di utaranya.

Swap akan memungkinkan Meksiko untuk mengurangi produksi bahan bakar minyak sementara mendapatkan bensin dan solar untuk nilai yang lebih tinggi, kata perusahaan itu.

Penerjemah: A. Suhendar.

    

Pewarta:

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015