Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat menggelar "Pokdarwis Camp" bersama 76 orang peserta dari 25 kelompok sadar wisata dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kolaborasi membangkitkan dunia pariwisata daerah yang terdampak pandemi COVID-19.

"Sangat penting untuk menyatukan ide untuk memajukan kepariwisataan di Lombok Barat, demikian juga untuk membangun desa wisata yang baik sangat diperlukan sinergi dan kolaborasi antara pokdarwis se-Kabupaten Lombok Barat," kata Asisten I Sekretariat Kabupaten Lombok Barat Agus Gunawan, dalam pembukaan kegiatan "Pokdarwis Camp", di Pantai Napak Tilas Cemare, Desa Lembar Selatan, Lombok Barat, Rabu.

Munurut dia, "Pokdarwis Camp" adalah kegiatan yang sangat variatif dan inovatif yang tujuannya tidak lain, yaitu untuk menjadikan pariwisata Lombok Barat maju dan mampu menggaet wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Lombok Barat," ujarnya.

Baca juga: Menariknya pola perjalanan wisata tematik di Borobudur

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Saepul Akhkam menjelaskan "Pokdarwis Camp" sebagai tindak lanjut dan evaluasi dari seluruh kegiatan-kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya pokdarwis yang dilakukan sepanjang 2021.

"Pokdarwis Camp 2021 adalah yang pertama kali kami gelar semenjak Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat ada. Tujuan lainnya adalah sebagai ajang silaturrahim dan menyatukan visi-misi untuk membangun pariwisata," ujarnya.

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Erwin Rachman menambahkan kehadiran anggota pokdarwis dalam kegiatan tersebut bukan untuk berkompetisi, melainkan untuk berbagi informasi hingga kiat-kiat mengembangkan wisata di desa masing-masing.

Baca juga: Pemkab Simeulue kembangkan keindahan wisata Pulau Mincau

"Walau pun kegiatannya juga banyak berupa lomba, tapi tujuan sebenarnya adalah memberikan motivasi dan semangat berbagi ilmu di antara para peserta," katanya.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis piagam penghargaan bagi dua desa wisata di Kabupaten Lombok Barat, yang masuk 300 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Pewarta: Awaludin

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021