Anda pasti sudah pernah menggunakan layanan Google secara personal, seperti email, google search, hingga youtube. Namun, tahukah Anda bahwa Google menyediakan solusi pekerjaan dan bisnis, lengkap dalam Google Workspace?

Jika belum, ulasan berikut akan membantu Anda untuk memahami.  Apa itu Google Workspace? Apa saja jenis tools, layanan, dan benefit yang bisa Anda dapatkan? Bagaimana Google Workspace for Business membantu menumbuhkan bisnis dan pekerjaan Anda untuk lebih produktif dan meraih lebih? Bagaimana cara mendapatkan layanan Workspace dengan harga lebih murah? Simak sampai akhir. 

Google Workspace vs G-Suite Google Workspace adalah sebuah ruang kerja virtual yang berisi produk, perangkat lunak, dan alat produktivitas lainnya untuk bekerja secara terintegrasi dengan dukungan komputasi awan dari Google.

Apa bedanya Google Workspace dengan G-Suite?

Google memperkenalkan Workspace pada September 2020 sebagai rebranding dari G-Suite. Rebranding ini tidak hanya dari segi nama, namun Google telah meningkatkan kemampuan integrasi antar aplikasi dan pengguna ke tingkat yang lebih tinggi.

Misal, kini Anda bisa melakukan editing dokumen, lembar kerja, dan presentasi secara realtime dengan pengguna lainnya (integrasi antar user).

Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan dokumen, data terbaru dengan update otomatis, hingga membuka panggilan Meet di dalam presentasi (integrasi antar aplikasi).

Benefit Menggunakan Google Workspace Bagaimana layanan Workspace dapat membantu Anda?

Misal, Anda perlu mewujudkan sebuah kontrak penting dengan klien. Maka, beginilah cara Anda menggunakan aplikasi dalam Workspace untuk membantu Anda.

Lakukan penjajakan melalui obrolan instan dengan Google Chat (sebelumnya Google Hangouts) Buat janji pertemuan secara online,lalu catat kapan waktunya dalam Google Calendar Siapkan presentasi untuk acara tersebut dengan Google Slide. 

Jangan lupa untuk melengkapi presentasi Anda dengan data-data terbaru melalui Google Sheet Adakan pertemuan dengan klien melalui Google Meet dan lakukan presentasi secara online dengan Google Slide Setelah mendapat lampu hijau, kirim draft kontrak melalui Google Docs. 

Jika tidak ada revisi, tandatangani kontrak dan bagikan kontrak yang sudah sah melalui Google Drive.

Singkatnya, semua yang Anda butuhkan untuk bekerja dan mengembangkan bisnis bisa Anda temukan solusinya di sini.

Bukankah semua alat yang disebut di atas tersedia gratis untuk pengguna Gmail?

Ya, tapi dengan berbagai keterbatasan, misalnya:

Setiap akun hanya mendapatkan jatah 15 GB penyimpanan untuk semua aplikasi (Gmail, Drive, Google Sites, dan sebagainya) Batas maksimal untuk konferensi dengan Google Meet hanya 60 menit waktu dan 100 orang peserta saja.

Alamat email Anda tetap menggunakan @gmail.com, yang berarti kurang profesional untuk bisnis. Dengan menggunakan Workspace, maka Anda dapat menghilangkan batasan tersebut dan memanfaatkan layanan Google dengan lebih optimal.

Jenis Layanan Google Workspace, Apa saja yang Anda dapatkan dengan menggunakan layanan Workspace?

Pertama, Anda bisa memanfaatkan semua aplikasi Google yang terkait dengan produktivitas.

Selain aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa mengakses aplikasi tambahan seperti:

Forms, untuk mendapatkan input data dari pengguna. Aplikasi ini dapat diprogram dalam bentuk survey dan quiz, lengkap dengan data hasil yang berupa lembar kerja;

Sites, untuk menbangun halaman website secara simpel dan mudah dengan tampilan responsive di berbagai perangkat;

Currents, untuk meningkatkan diskusi dan partisipasi anggota internal perusahaan secara real time dengan umpan balik yang instan; 

Keep and Jamboard, untuk brainstorming dan mengembangkan ide atau gagasan, lengkap dengan fitur kolaborasi antar karyawan.

Apps Script, untuk memperkaya dan mengembangkan fungsi dari aplikasi Google melalui bantuan tools pihak ketiga. Contohnya seperti integrasi antara Gmail dan Google Sheet untuk menjalankan fungsi mail merge.

Daftarnya bisa Anda lihat di bawah ini.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan modifikasi dan mengatur keamanan dengan fitur kontrol tambahan.

Selain itu, Anda akan mendapatkan layanan tambahan kelas bisnis seperti:

Email kustomisasi atas nama perusahaan Anda (contoh: marketing@perusahaan_anda.com) dengan standar integrasi dan keamanan Google.

Jatah penyimpanan (cloud storage) mulai per akun mulai dari 30 GB, 2 TB, hingga unlimited sesuai kebutuhan Anda.

Peningkatan batas maksimal peserta Google Meet hingga 250 orang, tanpa batasan waktu, serta tambahan fitur rekaman dan tracking peserta.

Dengan semua fitur tersebut, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja hingga 2x lipat sambil menghemat biaya operasional hingga 75 persen.

Semua keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.  Harga langganan Google Workspace hanya mulai dari $4.2 per bulan.

Layanan Google Workspace dengan Harga Hemat Untuk mendapatkan layanan Workspace, Anda dapat mendaftar melalui Gits.id sebagai Official Google Cloud Partner di Indonesia.

Gits.id adalah konsultan IT berpengalaman yang membantu berbagai bisnis dan perusahaan untuk bertumbuh melebihi target melalui penerapan teknologi informasi.

CEO Gits.id, Ray Rizaldy dalam keterangan tertulisnya, Rabu menyatakan bahwa di industri yang semakin kompetitif, perusahaan perlu melakukan transformasi digital agar lebih efisien dan selalu bertumbuh. Dan, teknologi di Google Cloud adalah yang terbaik untuk itu.

Tak hanya menyajikan fitur integrasi yang powerful, dukungan server Google menjamin keamanan dan penghematan daripada menyiapkan server sendiri.

Dengan berlangganan melalui Gits.id, Anda bisa mendapatkan diskon harga Google Workspace lengkap dengan konsultasi penerapannya ke dalam bisnis Anda.

Jadi, tak sekadar membeli, Anda akan mendapatkan support lengkap mulai dari:

pemilihan layanan pembelian dan upgrade lisensi migrasi sistem perusahaan ke Google Cloud pemakaian dan penyesuaian untuk kebutuhan perusahaan.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari optimalkan pertumbuhan bisnis dan perusahaan Anda dengan dukungan back end dari Google Workspace. Dapatkan layanan Google Workspace di halaman ini dan konsultasi gratis GITS.id. 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021