Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan pendidikan vokasi yang menjadi salah satu kekuatan pertanian di masa depan. Khususnya dalam mempersiapkan pertanian untuk lebih maju, mandiri dan modern.

Untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan sinergi yang baik antara civitas akademika dengan dinas pemerintah di seluruh Indonesia. Dalam rangka mensosialisasikan program pendidikan vokasi pertanian, mahasiswa Polbangtan Bogor melakukan kunjungan ke Dinas Peternakan dan Perkebunan Lampung Barat pada Rabu (27/10/2021).

Pendidikan vokasi Kementan berupaya membangun kemandirian petani daerah dan kemandirian nasional guna memenuhi kebutuhan kita”, tutur Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Baca juga: Tingkatkan ekonomi petani Rancamaya, Polbangtan Bogor beri bantuan domba KUB

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia  Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi mengatakan melalui Polbangtan nantinya akan cetak banyak milenial yang akan melanjutkan pembangunan pertanian.

“Tujuan pendidikan vokasi pertanian adalah menciptakan job creator dan job seeker yang andal, maju, mandiri dan modern”, tegas Dedi.

Baca juga: Gelar Forum Nasional, mahasiswa sekolah kedinasan siap dukung program pemerintah

“Kami Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat, Terima Kasih atas kunjungan Putra Daerah Lampung Barat yang bersekolah di Pendidikan Tinggi Vokasi Kementerian Pertanian RI, harapan kami untuk tetap bersinergi dalam ikut andil membangun pertanian di Lampung Barat Baik secara langsung maupun tidak langsung”, ujar Nata Djudin Amran, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Lampung Barat.

“Tetap Semangat, selaku Putra Daerah Kabupaten Lampung Barat, jika kembali ke daerah agar bisa  membantu membangun Pertanian dari segi Informasi Teknologi saat ini”, ujar Rusdi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Lampung Barat.

Baca juga: Sukseskan program Kementan, mahasiswa Polbangtan Bogor kenalkan Sekolah Vokasi Kementerian Pertanian di Lampung

Deni, mahasiswa Polbangtan Bogor yang berasal dari ini berharap agar sinergi dengan pemerintah provinsi Lampung bisa tetap berjalan.

“Pemerintah Provinsi Lampung dan Polbangtan saya harap tetap konsisten dan konsekuen dalam pembangunan pertanian Daerah Lampung, Dan  membukakan peluang arah Mahasiswa Polbangtan Bogor dari Lampung setalah kembali ke daerah, baik  Dalam berkarir di Pemerintahan maupun di masyarakat umumnya khususnya Petani Lampung”, ujarnya.

Pewarta: Ardianinda Wisda/Polbangtan Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021