Bupati Subang H Ruhimat menyerahkan berbagai bantuan dana dan peralatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sabang bagi Kecamatan Pusakajaya serta berkomitmen meningkatkan pembangunan berbagai sarana infrastruktur.

Kang Jimat, panggilan akrab Bupati Subang H Ruhimat, dalam keterangan yang diperoleh di Kota Bogor, Rabu, juga menyatakan kesiapannya membangun sekolah menengah atas/kejuruan di Pusakajaya, yang hingga kini belum dimiliki oleh Kecamatan Pusakajaya.

Camat Pusakajaya Vino Subriadi, saat menerima kunjungan Kang Jimat ke daerahnya pada Selasa (12/10), menyampaikan kebutuhan pembangunan sekolah menengah atas/kejuruan, karena akses anak-anak untuk menuju SMA terdekat, di luar Kecamatan Pusakajaya, harus melintasi jalan nasional yang padat akan lalu lintas kendaraan. Selain itu para remaja siswa siswi dari Kecamatan Pusakajaya juga telah menyumbang berbagai penghargaan atas prestasi mereka.

Baca juga: Samsat keliling Subang beroperasi Minggu, kejar target

Bupati menyampaikan bahwa tujuan kunjungannya tersebut selain untuk bersilaturahim juga mengawal bantuan APBD dalam rangka pemulihan ekonomi daerah.

Dalam kunjungan pertama sejak dilantik menjadi Bupati Subang dua tahun lalu itu, Kang Jimat menyalurkan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Subang berupa pupuk organik cair kepada Kelompok Tani Lamaran Desa Cigugur, bantuan satu unit pompa air kepada Kelompok Tani Mulya Desa Cigugur, dan bantuan pestisida Kelompok Tani Lodong Desa Cigugur.

Bupati juga menyerahkan dana stimulan tingkat RT(Rukun Tetangga) sebesar Rp10 juta per RT kepada 40 RT dari 164 RT se-Kecamatan Pusakajaya diantaranya untuk RT-RT di Desa Bojong Tengah (2 RT), Desa Bojongjaya (3 RT), Desa Cigugur (7 RT), Desa Cigugur Kaler (3 RT), Desa Karanganyar (7 RT), Desa Kebondanas (6 RT), dan Desa Pusakajaya (9 RT) dan Desa Rangdu (3 RT).

Ia juga memberiaan bantuan penerima manfaat pekarangan pangan lestari (P2L), sumber dana DAK (dana alokasi khusus) nonfisik tahun 2021 dari Dinas Ketahanan Pangan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Cika Desa Cigugur Kaler sebesar Rp55 juta.

Tak lupa, Bupati Subang juga menyerahkan berbagai bantuan sosial tunai, bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) Provinsi Jabar Tahun Anggaran 2021, dan bantuan sembako jaring pengaman sosial.

Baca juga: Bupati Subang upayakan pemukiman warga miskin melalui Program TORA

Kunjungan Bupati ke Pusakajaya juga dimanfaatkan untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi di kecamatan itu. Camat Pusakajaya menginfokan bahwa capaian vaksinasi di daerahnya baru mencapai 25 persen warga. 
 
Vino Subriadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Subang yang telah melaksanakan berbagai program perbaikan insfrastruktur dan penyaluran bantuan sosial di wilayah Kecamatan Pusakajaya.

Hadir pula pada kunjungan tersebut, istri Bupati Subang Yoyoh Sopiah Ruhimat selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rahmat Effendi, Kepala Pelaksana BPBD Hidayat, Kadis Pertanian Nenden Setiawati, DPRD Subang, dan berbagai pejabat lain, serta seluruh kepala desa perwakilan RT se-Kecamatan Pusakajaya baik langsung maupun secara virtual.

Baca juga: Pemkab Subang gandeng sejumlah perusahaan tingkatkan kompetensi calon naker

Pewarta: Budi Setiawanto

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021