Bogor,  (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menggelar Pawai Tahrib untuk menyemarakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1437 Hijriah yang diikuti ribuan peserta terdiri atas pelajar, masyarakat umum, tokoh masyarakat, ulama dan budayawan, Selasa.

Pawai Tahrib Tahun Baru Islam ini mengambil start dari Plaza Balai Kota dan Berakhir di Masjid Agung Pasar Anyar. Rombongan pawai dilepas secara resmi oleh Sekretari Daerah Ade Sarip Hidayat yang juga ikut memimpin rombongan.

Rute Pawai Tahrib tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana pawai berakhir di Masjdi Raya Bogor Jalan Pajajaran. Tahun ini, rombongan pawai bergerak di jalan Juanda, lalu berbelok ke Jalan Paledang. Selanjutnya, rombonga pawai bergerak di Jalan Kapten Muslihat menuju Jalan Dewi Sartika lokasi Masjid Agung berada.

"Mari kita sama-sama jadikan momentum Tahun Baru Islam ini untuk meningkatkan kesadaran dan rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan selama ini kepada kita," kata Ade.

Ade mengatakan, dengan pergantian Tahun Baru Islam ini, hendaknya menjadi momentum untuk mengevaluasi diri, perubahan untuk kehidupan beragama, bermasyarakat serta bernegara ke arah yang lebih baik.

"Harapan kita semangat perubahan harus dimanfaatkan dengan baik. Kita harus berani mengintrospeksi diri, berani mengevaluasi diri dan berani melakukan perubahan dalam kehidupan agar kedepan lebih baik," kata Ade.

Selain Pawai Tahrin, menyemarakkan Tahun Baru Islam, juga digelar zikir dan doa bersama di Masjid Agung Al Isra. Sekaligus pelantikan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) periode 2016-2020 yang diketuai oleh Dede Supriyatna.

"Harapan kita semoga Masjid Agung AL Isra` ini menjadi wadah pemberdayaan dan pemersatu umat Islam di Kota Bogor," kata Ade.

Terkait pelantikan tersebut, Ade berharap para pengurus yang baru dapat meneruskan kebaikan-kebaikan yang selama ini telah dijalankan oleh pengurus yang lama menuju ke arah yang lebih baik.

Sementara itu, peringatan menyambut Tahun Baru Islam di Kota Bogor berlangsung semarak dengan adanya kegiatan Pawai Tahrib yang diikuti juga oleh Ketua MUI KH Adam Ibrahim, Ketua Baznas Chotib Malik, Dirut PD Pasar Pakuan Jaya, dan perwakilan Kantor Kementerian Agama.

Acara juga dimeriahkan dengan pemberian santunan kepada 190 anak yatim yang secara simbolis diterima oleh 10 anak. Kegiatan ditutup dengan tausiah yang disampaikan oleh KH Obay Sobari dari Karawang.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015