Medan (Antara Megapolitan) - Sebanyak 308 perenang bersaing pada Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan (KRAP) se-Sumatera yang berlangsung di Kolam Renang Selayang Medan, 12-15 Oktober 2015.

Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Prof Djoko Pekik di Medan, Senin, saat membuka kejuaraan tersebut mengatakan even itu diharapkan mampu melahirkan perenang berkualitas dari Pulau Sumatera.

"Selama ini Sumatera merupakan penghasil perenang berkualitas. Saya berharap agar even ini kembali melahirkan perenang berbakat yang nantinya bisa membela Indonesia," katanya.

Ia mengatakan kejuaraan renang antar perkumpulan tersebut  merupakan even sangat strategis, selain sebagai ajang pembinaan atlet renang, juga sebagai silaturahmi antara perenang dari seluruh provinsi di Pulau Sumatera.

"Karena itu, Kemenpora sangat mengapresiasi even ini. Kita pantas mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumut dan PRSI Sumut yang telah bekerja keras menggelar even ini," katanya.

Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian juga memberikan apresiasi kepada panitia yang telah bekerja keras menggelar even tersebut.

Menurut dia even tersebut  merupakan ajang pembinaan dan kompetisi bagi seluruh perenang di Sumatera.

"Even ini merupakan kesempatan bagi perenang Sumatera untuk menambah pengalaman. Kita berharap even ini bisa memberikan dampak positif bagi perenang di Sumatera," katanya.

Pemprov Sumut sendiri telah berencana menjadikan Kolam Renang Selayang sebagai ikon Sumatera Utara. Karena itu, pihaknya akan merenovasi kolam yang berada di Jalan Dr Mansyur itu secara bertahap.

"Untuk kedepan, kita akan mengusulkan anggaran renovasi ini agar ditampung di APBD dan APBN. Dengan kualitas lebih baik, kita berharap bisa meningkatkan prestasi atlet renang Sumatera Utara," katanya.
    

Pewarta: Juraidi

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015