Upaya Palang Merah Indonesia (PMI) Halmahera Utara untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam penaggulangan COVID-19 melalukan kampanye dan sosialisasi tentang pentingnya vaksin menggunakan brosur yang membantu imunitas tubuh.

“Kegiatan ini bersamaan dengan ulang tahun PMI ke 76 dan kami merayakan ini untuk menginformasikan tentang pentingnya vaksin kepada masyarakat,” ujar Ketua PMI Halut A.Rahman Tjereni.

Indonesia telah mencatat sekitar 30% dari populasi yang telah mendapatkan vaksinasi pertama dan lebih dari 10% telah mendapatkan vaksinasi kedua. Memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang akurat serta melanjutkan upaya untuk disiplin mengikuti protocol kesehatan menjadi hal utama yang dilakukan agar penyebaran COVID-19 dapat dikurangi di masyarakat.

Baca juga: Pastikan stok darah cukup saat pandemi COVID-19, PMI Kota Cilegon hadirkan unit mobile donor darah

Sekitar 2.000 brosur dibagikan di Pasar Modern Tobelo di Jalan Sengkanaung, Lingkungan Pertokoan di Jalan Kemakmuran Tobelo, dan Pasar Rawajaya Tobelo yang langsung dikoordinir lebih dari 20 relawan yang terdiri dari Relawan Markas PMI Halut dan anggota Palang Merah Remaja (PMR) SMK Gotong Royong Halmahera Utara.

Pemerintah Halmahera Utara mencatat tingkat vaksinasi di daerahnya masih sekitar 20% pada tanggal 15 September 2021. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan utama bagi PMI Halmaera Utara untuk menggenjot kegiatan sosialiasi kepada masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi.

Baca juga: Percepatan vaksinasi COVID-19 jadi pembahasan utama dalam Mukernas PMI

Harapan dari para relawan dalam melakukan kegiatan ini ialah untuk tidak hanya membantu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya vaksin tapi mendorong kesadaran untuk segera mengakses vaksin COVID-19 sehingga dapat melindungi dirinya serta orang-orang terdekatnya.

"Brosur yang kami bagikan sebanyak 2000 lembar dan lokasi kegiatannya di tiga titik lokasi, yaitu Pasar Modern, Pasar Rawajaya, dan Pertokoan sekitar Jalan Kemakmuran", ungkap A.Rahman Tjereni Sekertaris Pengurus dan Kepala Markas dari PMI Halmahera Utara.

Baca juga: Melihat perayaan HUT PMI ke-76 di pengungsian Nduga Papua

Tema “Bergerak Bersama untuk Sesama” yang menjadi tema utama dari perayaan ulang tahun PMI ke-76 menjadi semangat menggalang pemulihan bangsa Indonesia serta harapan agar pandemi segera dapat dilewati bersama.

PMI bersama relawan di seluruh Indonesia telah menjadi garda terdepan dalam penaggulangan COVID-19 dengan memberikan edukasi serta memberikan bantuan secara cepat dan efisien kepada mereka yang membutuhkan.

Pewarta: PMI/Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021