Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon sadar akan pentingnya stok darah untuk membantu mereka yang membutuhkan di saat pandemi COVID-19.

Keberadaan unit mobile donor darah yang membawa angin segar kepada masyarakat karena sempat terhenti selama 10 bulan karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mencegah penyebaran COVID-19 di masyarakat. Oleh karena itu, pada awal bulan September hadir kembali di depan Krakatau Junction untuk melayani masyarakat yang ingin mendonasikan darahnya.

"Sangat bersyukur sekali dengan telah dibukanya kegiatan Hari Tanpa Kendaraan Bermotor (Car Free Day -CFD) ini, kami dari UDD PMI Kota Cilegon sangat terbantu untuk menyelenggarakan kegiatan ini mengingat ada banyak pendonor yang sudah rutin mendonorkan darahnya di kegiatan CFD pada hari minggu. Tentunya pelaksanaan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada," tutur dr. Teti Yuliani  selaku Penanggungjawab Teknis UDD PMI Kota Cilegon.

Baca juga: Bergerak bersama untuk sesama
Baca juga: Bupati Batang apresiasi tugas kemanusiaan PMI yang tidak pernah berakhir

dr. Teti berharap dengan adanya kegiatan ini akan mempermudah dan menarik lebih banyak pendonor darah.

"Beberapa hari terakhir ini stok darah di UDD mengalami kekosongan karena banyaknya permintaan untuk pasien yang membutuhkan transfusi di rumah sakit. Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam membantu sesama melalui kegiatan donor darah dengan diadakannya kegiatan ini,” tambahnya.

PMI Kota Cilegon menjelaskan bahwa pendonor dapat berkunjung ke area Landmark Simpang Cilegon mulai pukul 16:00 WIB hingga 19:00 WIB atau Sabtu di Bundaran Perumnas Cibeber di waktu yang sama.

Baca juga: PMI Mojokerto bantu percepatan vaksinasi

Kegiatan ini libur di hari Jumat tapi akan tersedia kembali di hari Minggu mulai pukul 06:30 WIB hingga 10:00 WIB. Selain itu, donor darah juga bisa dilakukan di UDD PMI Kota Cilegon Jl Semang Raya No.3 RS. Krakatau Medika Gerbang ke-2 (Gedung Lama) yang buka 24 jam setiap harinya.

Setiap tetes darah oleh pendonor dapat memberikan kehidupan kepada yang membutuhkan. Memastikan pelayanan darah dilakukan secara berkelanjutan merupakan salah satu bagian yang dilakukan PMI kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia.

Pewarta: PMI/Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021