PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi menggelar serbuan vaksin dengan menargetkan 1.500 masyarakat umum yang belum disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-40 perusahaan yang jatuh pada 29 September 2021.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian acara HUT ke-40 PDAM yang diawali dengan kegiatan donor darah oleh pegawai kami," kata Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim saat meninjau vaksinasi di Kantor Pusat PDAM Tirta Bhagasasi, Jalan Inspeksi Kalimalang, Kampung Tegal Danas, Kecamatan Cikarang Pusat, Sabtu.

Baca juga: Ratusan pegawai PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi divaksin COVID-19 dosis dua

Dia mengatakan vaksinasi massal ini digelar selama dua hari hingga Minggu (26/9) dengan melibatkan 40 orang Tim Satgas COVID-19 PDAM Tirta Bhagasasi, enam tenaga vaksinator, lima petugas skrining, serta 15 relawan mahasiswa sebagai petugas registrasi dan observasi.

"Kami bekerja sama dengan Kepolisian Resor Metro Bekasi, Puskesmas Sukamahi, dan rekan-rekan mahasiswa. Kami tunggu kedatangan masyarakat, manfaatkan kesempatan ini," katanya.

Warga yang ingin divaksin tinggal mendatangi sentra vaksinasi di Kantor Pusat PDAM Tirta Bhagasasi cukup membawa fotokopi KTP atau kartu keluarga sebelum divaksin merek Sinovac.
Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim membagikan paket sembako gratis kepada warga yang baru saja disuntik vaksin COVID-19 yang digelar di parkiran bawah tanah Kantor PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Jalan Inspeksi Kalimalang, Kampung Tegal Danas, Kecamatan Cikarang Pusat, Sabtu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi juga mememberikan paket sembako secara cuma-cuma kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan vaksinasi ini dengan persyaratan lulus skrining kesehatan guna menambah animo masyarakat.

"Jadi begitu dinyatakan lulus pemeriksaan kesehatan mereka divaksin dan setelah itu panitia langsung memberikan paket sembako gratis ini," katanya.

Baca juga: 300 pegawai PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi antusias ikuti vaksinasi COVID-19

Usep menjelaskan kegiatan ini sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi menuju kekebalan kelompok khususnya di Kabupaten Bekasi.

"Sesuai target pemerintah daerah yang telah disampaikan Pak Bupati dan Pak Kapolres bahwasanya sedikitnya 70 persen sasaran vaksinasi sudah harus tervaksin untuk mencapai herd immunity," ucapnya.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Hendra Gunawan mengatakan sejumlah skema vaksinasi diterapkan pemerintah daerah guna mencapai target menuju kekebalan kelompok pada awal Bulan Oktober 2021.

Baca juga: Pemkab Bekasi lirik skema vaksinasi dari pintu ke pintu

Mulai dari sentra vaksinasi terpusat di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, vaksinasi di fasilitas-fasilitas kesehatan, kantor pelayanan publik, kantor kecamatan, kelurahan, polsek-polsek dan polres, koramil dan kodim, gerai vaksinasi di setiap RT/RW, hingga skema terbaru yakni dari pintu ke pintu.

"Kami bersama TNI dan Pemkab Bekasi mengerahkan seluruh sumber daya untuk penetrasi ini. Data awal pekan ini, Senin (20/9) kita sudah di 1,2 juta jiwa dari total sasaran 2,4 juta. Sudah 52 persen dan dengan akselerasi ini saya optimistis paling cepat akhir bulan ini sudah terbentuk herd immunity," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021