Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Teuku Raja Keumangan mendorong Pemerintah Aceh dan Kementerian Pariwisata agar mengembangkan potensi wisata di Pulau Simeulue, sebagai destinasi wisata baru Islami di Aceh.

“Pemandangan alam yang ada di Pulau Simeulue sangat bagus dan masih alami, tidak kalah dengan keindahan pantai yang ada di Bali atau Raja Ampat,” kata Teuku Raja Keumangan, Selasa.

Menurutnya, dengan indahnya pemandangan alam dan potensi laut yang sangat kaya, pemerintah daerah bersama pemerintah pusat harus menjadikan pulau terluar Aceh tersebut sebagai pusat pengembangan wisata baru di Tanah Air.

Selain itu, potensi hasil laut yang ada di Pulau Simeulue Aceh juga sangat berlimpah di antaranya seperti lobster, aneka jenis ikan, akan menjadikan kawasan tersebut sebagai salah satu pusat pengembangan ekonomi baru di Aceh.

Baca juga: Wisata di Lagoi Kepri siap dibuka kembali

Selama ini, Pulau Simeulue juga telah digelar berbagai kegiatan kelas dunia seperti lomba selancar dan berbagai event wisata secara nasional

“Kami juga akan mendorong Pemerintah Aceh agar menjadikan Pulau Simeulue sebagai daerah tujuan wisata alam di Aceh, kita berharap pemerintah segera menyahutinya,” kata Teuku Raja Keumangan menambahkan.

Baca juga: DKI siap uji coba operasional Setu Babakan Jakarta saat PPKM Level 3

Dari segi sarana transportasi, kata dia, saat ini wilayah kepulauan tersebut juga sudah dilayani penerbangan berjadwal yakni Wings Air dan penerbangan perintis yang dilayani oleh Susi Air.

Sedangkan dari segi transportasi laut, telah dilayani oleh empat pelabuhan yang ada di wilayah pantai barat selatan Aceh di antaranya di Meulaboh Aceh Barat, Calang Aceh Jaya, Labuhan Haji Aceh Selatan serta Pelabuhan Singkil di Kabupaten Aceh Singkil, katanya.

Baca juga: Wisata olahraga terbesar di Cikarang siap operasi kembali

“Jadi, tidak ada alasan jika Simeulue tidak dikembangkan potensi wisatanya. Selain dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, pengembangan wisata alam di Simeulue juga akan menghasilkan pendapatan asli daerah maupun pendapatan devisa negara nantinya,” kata Teuku Raja Keumangan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021