Gunung Liliran yang ada di Desa Tulakan, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur berpotensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata yakni sebagai destinasi wisata olahraga paralayang sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Kepala Desa (Kades) Tulakan Wiyono mengatakan "spot" wisata paralayang di Kecamatan Sine bertambah. Selain di Desa Wonosari, titik lepas landas olahraga tersebut juga ada di Desa Tulakan yang lokasinya ada di Gunung Liliran.

"Lokasinya di Gunung Liliran. Ini sangat cocok sekali menjadi objek wisata paralayang. Potensi tersebut harus dikembangkan," ujar Kades Wiyono di Ngawi, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan paralayang di desanya mempunyai karakteristik angin yang tenang dan stabil. Sehingga penikmat paralayang berpeluang terbang dalam waktu lama.

Baca juga: Ini dia destinasi wisata Aceh Besar yang layak dikunjungi wisatawan

"Bentang pemandangan alamnya juga memanjakan mata. Saat musim hujan atau kemarau, pemandangannya sama-sama indahnya," kata dia.

Guna mendongkrak potensi desa wisata tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ngawi dan instansi terkait lainnya.

Sejumlah sarana dan prasarana secara bertahap juga akan dibangun. Seperti akses jalan desa dan landasan untuk lepas landas ("take-off") atau mendarat ("landing"). Adapun, sumber dananya berasal dari APBDes serta bantuan dari pemkab ataupun pusat.

Baca juga: Objek wisata Bromo Tengger Semeru Probolinggo mulai dibuka

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Perum Perhutani setempat terkait hal perizinannya," tambahnya.

Baca juga: Destinasi wisata di Kota Batu siap terima wisatawan

Pihaknya berharap agar kawasan tersebut bisa segera dikembangkan, sehingga potensi wisata paralayang bisa mengangkat perekonomian dan kesejahteraan warga desa setempat dan sekitarnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021