Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah mendistribusikan 40 tabung oksigen dan lima unit oksigen konsentrat untuk mendukung kebutuhan ketersediaan oksigen di PMI Kabupaten/Kota beserta  beberapa rumah sakit serta klinik di Jawa Tengah.

Ketua PMI Jawa Tengah, Sarwa Pramana mengatakan bantuan oksigen ini merupakan yang kedua kalinya yang sebelumnya telah dilakukan dengan memberikan bantuan 20 ton oksigen untuk 8 rumah sakit di Jawa Tengah kepada pasien yang sedang menjalani perawatan Covid-19.

“Bantuan ini merupakan dukungan dari PMI Pusat dan IFRC (International Federation of Red Cross and Red Crescent) dalam upaya percepatan pemulihan dari pandemi Covid-19,” ucapnya.

Baca juga: Palang Merah Indonesia ajak pasien COVID-19 tetap aktif

Tabung oksigen ini rencananya akan didistribusikan ke PMI Kabupaten/Kota. Selain itu, oksigen konsentrat akan didistribusikan ke RSUD Brebes, RSUD Suradadi di Kabupaten Tegal, RSUD Bung Karno di Kota Surakarta, Klinik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Klinik Utama PMI Banyumas, Klinik Pratama PMI Ciplacap, dan Klinik PMI Purbalingga.

Sarwa juga mengatakan penyerahan bantuan secara simbolis untuk rumah sakit dilaksanakan pada saat acara upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ke-71 pada tanggal 15 Agustus 2021 di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah oleh perwakilan RSJD. Amino Gondohutomo dan Klinik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: PMI genjot mitigasi 3T + 1 V Bantu Pemerintah Dalam Penanganan COVID-19

Kepala Klinik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dr Novi, mengungkapkan saat ini kliniknya sangat membutuhkan oksigen untuk pasien yang akan melakukan pemeriksaan di kliniknya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PMI karena dengan adanya bantuan oksigen konsentrat ini akan sangat membantu dalam penanganan pasien yang kebanyakan pegawai di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” ujar Novi pada acara penyerahan bantuan secara simbolis.  

Kepala Bidang Pelayanan RSJD. Dr. Amino Gondohutomo, Liarsih, juga turut mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan tabung oksigen dari PMI.

Baca juga: Peran penting relawan perempuan PMI dalam penanganan COVID-19

"Kami sangat berterima kasih kepada PMI atas bantuan tabung oksigen karena saat ini kami sangat membutuhkan tabung oksigen ukuran 10kg dan harapannya dukungan ini dapat ditambah lagi mengingat kebutuhan oksigen di rumah sakit yang sangat dibutuhkan,” ujar Liarsih.

Pewarta: PMI/Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021