PT. NEC Indonesia (NEC Indonesia) mengajak sektor transportasi dan logistik di Indonesia untuk merangkul transformasi digital pada gelaran NEC Industry 4.0 Web Summit.

Acara tersebut mengusung tema “Digital Experience in Transportation Solutions”, acara ini menghadirkan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi sebagai pembicara utama.

Budi menyampaikan, transformasi digital merupakan kebutuhan bagi transportasi modern, termasuk perusahaan yang bergerak di bidang transportasi.

"Hal ini membutuhkan penggabungan solusi teknologi digital yang inovatif untuk diperkenalkan di sektor transportasi. Hal ini diikuti dengan pengembangan dan pengoperasian sistem transportasi yang cerdas," ujarnya dalam keterangan, Jumat.

Sementara Presiden Direktur, NEC Indonesia, Joji Yamamoto mengatakan sistem transportasi pintar NEC dapat digunakan di berbagai sektor, termasuk penerbangan, kereta api, dan jalan raya.

Solusi transportasi NEC, lanjut dia, telah diterapkan oleh otoritas lokal di seluruh dunia yang meningkatkan infrastruktur mereka dengan tujuan meningkatkan pengalaman transportasi umum.

"Secara keseluruhan dan mendorong masyarakat untuk meninggalkan kendaraan mereka di rumah serta beralih kepada transportasi umum," ucapnya.

Ketua, Big Data & AI Association (ABDI), dan moderator diskusi panel, Rudi Rusdiah selama Webinar mengatakan, masa pandemi Covid-19 dapat menjadi pendorong untuk mempercepat transformasi digital di industri transportasi dan logistik, sebagai salah satu sektor terpenting selama pandemi.

Sedangkan Systems Engineering Senior Manager, Juniper Networks Mochammad Irzan, menambahkan, jaringan adalah bagian penting dari keseluruhan infrastruktur transportasi digital.

"Oleh karena itu, perlu untuk memiliki jaringan yang andal, aman, dan digerakkan oleh AI (AI driven) yang dapat mendukung dan melindungi masa depan sistem transportasi modern saat ini dan masa depan," ucapnya.

Lebih dari 480 peserta dari industri transportasi dan lainnya menghadiri acara yang diselenggarakan bersama oleh NEC Indonesia, Juniper dan Big Data & AI Association (ABDI).

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021