Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat,  dan perusahaan aplikasi layanan jasa keuangan Ayoconnect bekerja sama memfasilitasi layanan pembayaran pajak daerah.

"Kerja sama dengan Ayoconnect ini sasarannya untuk mempermudah warga dalam membayar pajak daerah melalui layanan aplikasi digital yang semakin banyak ragamnya," kata Wali Kota Bogor Bima Arya di Kota Bogor, Jumat.

Ayoconnect memiliki jaringan pada hampir 80 platform digital yang tergabung dengan perusahaan tersebut.

Menurut Bima Arya, dengan semakin banyak pilihan layanan pembayaran pajak daerah, targetnya untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak daerah,

Baca juga: KPK dorong Pemkot Bogor percepatan penagihan tunggakan pajak

Bima Arya menjelaskan Kota Bogor mendapat predikat sebagai kota terbaik untuk transaksi elektroniksasi se-Jawa Barat, pada 2021.

Tercatat ada 16 mitra Kota Bogor untuk kanalisasi transaksi elektronisasi pembayaran, yang secara bertahap terjalin dan diperbaiki sampai dinyatakan terbaik.

"Dampaknya sangat signifikan untuk peningkatan PAD Kota Bogor," katanya.

Menurut Bima, Kota Bogor menambah layanan pembayaran pajak daerah melalui kerja sama dengan Ayoconnect, dengan target yang sama, untuk mempermudah, memperluas, dan meningkatkan PAD, melalui transaksi digital yang semakin beragam.

"Catatan saya, satu kolaborasi terus kita kembangkan, inovasi terus diperluas, mitra dengan semua sudah semakin bagus, dan tolong yang ada juga terus dipelihara," katanya.

Baca juga: Pemkot Bogor tingkatkan BPHTB tahun 2021 sebesar Rp165 miliar

Bima juga mengingatkan, pada pekan ini dirinya akan mengundang para penanggung jawab kerja sama dari dinas terkait, untuk membicarakan dan evaluasi pemeliharaan kerja sama.

"Kota Bogor sebagai 'smart city' tidak hanya CCTV tapi untuk transparansi, efisiensi, partisipasi publik. Mudah-mudahan kesepakatan dengan Ayoconnect ini bisa langgeng dan efektif," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor dan Ayoconnect melakukan penandatanganan kerja sama di Balai Kota Bogor, Rabu (1/9). Kesepakatan kerja sama tersebut ditandatangani oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dan COO Founder Ayo Connect Chiragh Kirpalani.

Pada kesempatan tersebut, Chiragh Kirpalani mengatakan, kesepakatan antara Pemerintah Kota Bogor dengan Ayoconnect dapat membantu warga Kota Bogor melakukan pembayaran pajak daerah melalui beberapa kanal yang dibuka Ayoconnect.

Baca juga: Pemkot Bogor luncurkan program inovasi elektronik SPPT PBB

Menurut Chiragh, Ayoconnect membangun infrastruktur pembukaan tagihan di beberapa kanal seperti, ritel, e-commerce, perbankan, kantor pos, pegadaian, dan platform lainnya. "Melalui kolaborasi ini, warga Kota Bogor mendapatkan pilihan akses untuk membayar pajak melalui jaringan manapun," ujarnya.

Chiragh menjelaskan, untuk tahap awal, layanan yang dapat diakses warga Kota Bogor hanya untuk pembayaran pajak daerah seperti PBB-P2 dan BPHTB. "Kota Bogor merupakan kota pilot project perpajakan yang diharapkan bisa menjadi contoh pemerintah daerah lainnya," katanya.

"Kami ingin melihat seberapa efektif peningkatan pajak Kota Bogor, dari yang sebelumnya pilihan pembayaran pajak terbatas menjadi lebih banyak dengan jaringan Ayoconnect dimana warga bisa membayar pajak dimanapun dan kapanpun," katanya.(R024)

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021