Guna mendukung upaya pemerintah memutus penyebaran COVID-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon upaya edukasi kegiatan promosi kesehatan (Promkes) di Taman Kanak-kanak (TK) Adduriyat Cibeber - Kota Cilegon pada Rabu (25/8) untuk meningkatkan pengertian mengenai tindakan preventif agar penyebaran COVID-19 dapat ditekan ke lingkungan sekolah.   

PMI Kota Cilegon menggunakan media poster dan audio yang menstimulasi interaksi antara peserta. Turut hadir Wakil Kepala Sekolah TK Adduriyat, Umroh mengatakan bagaimana kegiatan yang dilakukan oleh PMI Kota Cilegon disambut antusias oleh seluruh anggota sekolah karena mendukung pengertian dan kesadaran tentang pentingnya mengimplementasikan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari.  

Baca juga: PMI gunakan radio untuk pangkas hoaks COVID-19 di masyarakat

"Terima kasih kepada PMI Kota Cilegon atas edukasinya. Kegiatan ini sangat baik sekali sehingga kami menjadi lebih tahu cara menjaga diri dari COVID-19. Anak-anak juga sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan PMI ini," ujar Umroh.

Staf Divisi Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI Kota Cilegon, Nurlela Sari yang juga hadir pada kegiatan kemarin mengatakan bahwa peran PMI di tengah pandemi semakin penting karena turut dalam penaggulangan COVID-19 di Indonesia.  

"Kegiatan Promosi Kesehatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya lingkungan sekolah. Hari ini kami berkunjung ke TK Adduriyat dengan harapan dapat mengedukasi para siswa, guru, dan wali murid yang mengantar agar selalu menerapkan protokol kesehatan 6M yang terdiri dari pentingnya mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas," tambah Nurlela.

Baca juga: Soal Rumah Pulih LRT, Sekjen PMI: 'Festival tolong menolong' untuk sesama

Selain itu, kegiatan pembagian 51 paket Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang berisi masker, sabun, dan cairan pembersih tangan.  

"Sejak awal pandemi, PMI Kota Cilegon selalu berupaya membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 di berbagai kegiatan seperti penyaluran bantuan APD untuk tenaga medis. Selain itu fokus utama PMI Kota Cilegon saat ini adalah edukasi promosi kesehatan beserta pembagian paket PHBS kepada masyarakat," tutur Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis.

Umroh berharap kegiatan yang dilakukan oleh PMI Kota Cilegon dapat diterapkan oleh para siswa dan dewan guru dalam kehidupan sehari-hari agar dapat mencegah terjangkitnya virus COVID-19.

Baca juga: PMI genjot mitigasi 3T + 1 V Bantu Pemerintah Dalam Penanganan COVID-19

Sekitar 7.000 Relawan PMI beserta staf di seluruh penjuru Indonesia menjadi garda terdepan untuk memberikan edukasi preventif serta bantuan yang mendukung masyarakat di tengah pandemi ini seperti mendukung kegiatan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan tingkat vaksinasi nasional agar kekebalan massal segera dicapai, memberikan informasi akurat untuk menepis hoaks, hingga memastikan stok darah cukup bagi mereka yang membutuhkan.

Pewarta: PMI/Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021