Jakarta, (Antara Megapolitan) - Universitas Trisakti (Usakti) melakukan kegiatan Orientasi Pengenalan Kampus (Ospek) dengan mengusung pembentukan karakter para mahasiswa untuk membangun budaya tertib kampus.

"Setiap kegiatan Pengenalan Program Studi Mahasiswa Baru (PPSMB) dan Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan (PPSPP) yang dilakukannya selalu mengusung tema yang ditujukan untuk membangun budaya tertib kampus," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Trisakti, Hein Wangania di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan daripada melakukan perpeloncoan yang mengarah pada kekerasan fisik, Usakti justru mengisi masa orientasi mahasiswa dengan kegiatan-kegiatan yang lebih berbobot seperti Penyuluhan Anti Narkoba dan kegiatan Orientasi Reformis Muda Trisakti yang merupakan motivasi yang diberikan kepada mahasiswa baru.

"Ini untuk menunjukan nilai ketrisaktian dan bagaimana mahasiswa trisakti itu seharusnya, dengan mendatangkan nara sumber dari Menteri-Menteri hingga alumni Usakti yang sudah mapan," katanya.

Dikatakannya pada kegiatan PPSMB di kampus kami tidak ada kegiatan yang mengarah pada Bullying dan kekerasan, hal ini sudah terlihat dari atribut yang dikenakan pada mahasiswa baru tidak menunjukan adanya perpeloncoan.

Dijelaskannya dalam masa PPSMB Usakti, para mahasiswa baru tidak ada yang mengenakan atribut tidak wajar seperti memakai topi kerucut dari karton, memakai pot bunga plastik di kepala sebagai topi, mengikat sampah di pinggang, memakai dot balita, dan atribut lain yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan.

"Yang terpenting dalam masa pengenalan ini isinya tentang perkenalan akademik dan kampus, untuk menyiapkan mahasiswa baru untuk menghadapi dunia perkuliahan nanti," katanya.

Pihaknya kata dia juga memfokuskan PPSMB untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru, agar dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus, terutama kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan khususnya di Usakti.

Hal senada diungkapkan oleh Presiden Mahasiswa Usakti, Puri Andamas yang menyebutkan dalam kegiatan PPSMB Usakti, mahasiswa baru hanya diwajibkan menggunakan seragam hitam putih saja, tanpa atribut-atribut yang aneh-aneh.

"Kita tidak menginginkan ada senioritas antara mahasiswa lama dan mahasiswa baru, justru kami ingin memperkenalkan adik-adik kita tentang dunia perkuliahan yang tentunya tidak sama dengan masa di SMA, dan kita ingin semua mahasiswa dapat turut berkontribusi dalam pembangunan Usakti," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015