Palembang (Antara Megapolitan) - Sapi dan kambing dari Lampung meramaikan pasar hewan kurban di Kota Palembang karena permintaan telah meningkat menjelang Hari Raya Idul Adha 2015.

Sejumlah pedagang hewan kurban di Palembang, Sabtu mengatakan, sebagian sapi dan kambing yang dijual di kios hewan kurban didatangkan dari Lampung sedangkan sebagian lagi dari peternak provinsi setempat.

Nanang, seorang pedagang hewan kurban yang membuka kios di pinggir jalan kawasan Kenten Sako mengatakan permintaan sapi dan kambing biasanya setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Adha mencapai 100 ekor.

Untuk memenuhi tingginya permintaan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1436 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada 24 Oktober 2015, dia berupaya mendapatkan sumber pasokan hewan ternak baik sapi maupun kambing dari berbagai daerah termasuk provinsi terdekat Lampung.

"Sapi dan kambing dari Lampung sudah biasa didatangkan ke daerah ini, tidak hanya menjelang hari raya tetapi pada hari-hari biasa juga sering dilakukan," ujar pedagang hewan ternak itu.

Menurut Nanang, hewan ternak yang dijual di kios yang hanya dibuka pada saat menjelang Hari Raya Idul Adha itu sudah melalui proses penyeleksian fisik secara ketat sehingga memenuhi persyaratan hewan kurban yang ditentukan dalam ajaran agama Islam.

Untuk memastikan sapi dan kambing tetap sehat, dia berkoordinasi dengan Dinas Perikanan Pertanian dan Kehutanan (DP2K) Palembang melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Harga sapi kurban dijual dengan harga berkisar Rp11 juta hingga Rp22 juta per ekor sedangkan kambing dijual dengan harga Rp2,5 juta hingga Rp5 juta per ekor, ujar pedagang itu menjelaskan.  

Yanto, pedagang hewan kurban lainnya yang membuka kios di kawasan Jalan Demang Lebar Daun Palembang mengatakan, berdasarkan pesanan yang diterima dari warga setempat memasuki September ini, permintaan hewan kurban tahun ini diperkirakan meningkat dari sebelumnya.

Sekarang ini telah menerima pesanan 12 ekor sapi dan 20 ekor kambing, padahal pada  tahun sebelumnya penjualan sebanyak itu baru terjadi pada sepekan menjelang perayaan Hari Raya Kurban, kata dia menambahkan.

Pewarta: Yudi Abdullah

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015