Karawang, (Antara Megapolitan) - Kementerian Agama Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengimbau masyarakat mendaftar untuk ibadah haji sejak usia muda menyusul panjangnya daftar tunggu haji di daerah tersebut.

"Daftar tunggu haji Karawang saat ini hingga 14 tahun. Jadi lebih baik masyarakat yang ingin berangkat ke tanah suci segera mendaftar haji," kata Pelaksana Tugas Kepala Kementerian Agama Karawang Abdul Rosyid, di Karawang, Sabtu.

Dilihat dari daftar tunggu haji tersebut, maka masyarakat yang mendaftar haji tahun 2015 diperkirakan baru bisa berangkat ke tanah suci pada 14 hingga 15 tahun ke depan atau pada tahun 2029-2030.

Ia mengatakan ibadah haji itu merupakan panggilan Allah yang tidak diketahui kapan bisa dilaksanakan oleh umat Islam. Karena itu ia mengimbau agar sejak muda lebih baik sudah mendaftar haji.

Menurut dia, masyarakat yang berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun ini sudah berjuang dengan menunggu giliran pemberangkatan ke tanah suci sejak lama.

"Kita tidak tahu kapan bisa melaksanakan ibadah haji. Tetapi yang pasti kita harus berikhtiar," katanya.

Hal tersebut disampaikan karena manusia tidak mengetahui apakah berumur panjang atau tidak.

Sebab ada pula calon haji di Karawang yang sudah lama menunggu bertahun-tahun, tetapi ada yang gagal berangkat karena sakit atau meninggal dunia.

Sementara itu, pada musim haji tahun ini, total jamaah calon haji asal Karawang yang berangkat ke tanah suci sebanyak 1.729 orang. Hal itu sesuai dengan kuota haji per tahun yang telah ditetapkan pemerintah.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015