Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (DPPM UI), melalui Program Hibah Pengabdian Masyarakat Kemitraan Bakti TNI, menyelenggarakan kegiatan penyuluhan masyarakat melalui webinar kepada masyarakat di Desa Jambe, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang. 

Ketua Departemen Ilmu Penyakit Mulut FKG UI Dr. Febrina Rahmayanti, drg., Sp.PM(K) dalam keterangannya, Selasa mengatakan masa pandemi COVID-19 yang sedang kita hadapi bersama, kami dari UI berusaha tetap melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk di dalamnya pengabdian kepada masyarakat seperti yang dilaksanakan saat ini dan tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. 

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat untuk para siswa/i SMA se-kecamatan Jambe.

Kegiatan webinar bertema “Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut melalui Pencegahan Kebiasaan Merokok dan Penggunaan Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif)” tersebut dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI, dengan peserta para siswa/i SMA se-Kecamatan Jambe. 

Baca juga: UI luluskan Doktor ke-292 bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan

Turut hadir pada acara yang menggunakan platform zoom itu Perwakilan Persit KCK Cab XXIV Kodim 0510/ Tigaraksa, Koorcab Rem 052 PD Jaya, anggota TNI/ Polri, serta Perwakilan DPPM UI. 

Acara ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya merokok dan penggunaan Napza di masyarakat, khususnya remaja dan membangun Kawasan Tanpa Rokok (KTR). 

Manajer Riset, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat FIK UI) Dessie Wanda, S.Kp., M.N., Ph.D mengatakan sebagai seorang akademisi, kita memang berkewajiban melakukan tiga hal, yaitu penelitian, pengajaran, dan pengabdian masyarakat (pengmas).

Pada situasi pandemi ini, kita semua dituntut menjadi lebih kreatif memanfaatkan teknologi, untuk menyampaikan atau melakukan kegiatan pengmas. Pengmas yang diadakan kali ini, dilaksanakan dalam dua bentuk, yakni secara daring dan luring. Semoga tidak mengurangi manfaat yang akan diberikan kepada masyarakat. Tetap jalankan protokol kesehatan untuk menjaga diri dan lingkungan di sekitar kita.

Baca juga: UI Mengajar galang dana untuk bantu sekolah di daerah pelosok

Empat narasumber tampil sebagai pembicara di webinar tersebut, yakni Dr. Indriasti Indah Wardhany, drg., Sp.PM(K), Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut FKG UI, yang memberi materi selayang pandang FKG UI; drg. Yanti Yulianti, Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Penyakit Mulut FKG UI, yang membahas tentang “Anatomi dan Variasi Normal Rongga Mulut”; drg. Ratna Kumala Indrastiti, Sp.PM, dosen departemen Ilmu Penyakit Mulut FKG UI, membahas tentang “Pengaruh Merokok dan Penggunaan Napza pada Kesehatan Rongga Mulut”; dan Dr. Hanny Handiyani, S.Kp., M.Kep., Ketua Departemen Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar FIK UI, membahas tentang “Merokok di Masa Corona”. 

"Edukasi ini sangat penting disampaikan kepada anak-anak usia remaja, agar mereka bisa lebih selektif lagi untuk memilih pergaulan yang sehat, bebas dari rokok, dan napza. Jadikan generasi muda Indonesia yang sehat, pintar, dan berprestasi," ujar Dr. Febrina Rahmayanti.

Baca juga: Dosen FKUI berikan kiat meningkatkan saturasi oksigen agar tetap stabil

Penyuluhan yang diberikan tim DPPM UI itu diharapkan memberi pemahaman bahwa kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit, bukan hanya berdampak pada kesehatan gigi dan mulut.

Pada hari kedua kegiatan pengmas diselenggarakan penyuluhan yang ditujukan khusus bagi para ibu Kader PKK di Kecamatan Jambe, secara asynchronous melalui pemutaran video dari para narasumber, dengan tema “Edukasi Pengenalan Kelainan Rongga Mulut Terkait Infeksi pada Anak Beserta Penerapan Pencegahan Infeksi Melalui budaya Cuci Tangan”. 

Empat narasumber yang hadir saat itu adalah Dr. Yuniardini Septorini Wimardhani., drg, MSc.Dent., Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FKG UI dan Dosen Dep. Ilmu Penyakit Mulut FKG UI, yang memberi materi tentang “Infeksi Virus di Rongga Mulut Anak”; drg. Ambar Kusuma Astuti., Sp.PM, dosen Dep. Ilmu Penyakit Mulut FKG UI, yang memberikan materi selayang pandang FKG UI; drg. Cytha Nilam Chairani, PPDGS Penyakit Mulut FKG UI, membahas tentang “Anatomi dan Variasi Normal Rongga Mulut”; dan Dr. Nur Agustini, S.Kp., M.Si., Ketua Departemen Keperawatan Anak FIK UI,  yang membahas tentang “Tumbuh Kembang dan Gizi Seimbang Balita”.

Tujuan dari kegiatan penyuluhan hari kedua ini adalah untuk mengedukasi masyarakat, khususnya ibu-ibu, mengenai berbagai kelainan di rongga mulut yang disebabkan oleh infeksi virus. Selain itu, melalui penyuluhan tersebut diharapkan para peserta dapat menerapkan metode membersihkan tangan secara benar agar dapat mencegah risiko infeksi. Selain itu, mendapatkan pengetahuan cara menjaga kualitas tumbuh kembang anak dengan menyediakan gizi yang seimbang. 
 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021