Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menargetkan hingga akhir tahun 2021 ini sekitar 50 persen lebih atau sebanyak 699 ribu penduduk di daerahnya telah divaksinasi COVID-19.

"Kita akan terus melakukan serbuan vaksin untuk berbagai kelompok usia. Kita targetkan akhir tahun ini lebih 50 persen warga Purwakarta sudah disuntik vaksin," kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Senin.

Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 hingga kini dilakukan di berbagai kecamatan. Secara umum, masyarakat cukup antusias mengikuti program vaksinasi.

Baca juga: Pemkab Purwakarta mulai gulirkan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar
Baca juga: Pemkab Purwakarta gulirkan sentra vaksinasi COVID-19 untuk warga lansia

Sementara itu, selain menggencarkan program vaksinasi COVID-19, Pemkab Purwakarta juga akan mengikuti kebijakan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Dikatakannya, PPKM Level 4 di Purwakarta diperpanjang dari 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Untuk penerapannya, kata dia, Pemkab Purwakarta akan tetap menyesuaikan dengan Irmendagri Nomor 24 Tahun 2021 berkaitan dengan teknis aturan dari PPKM tersebut.

Menurut dia, untuk pelaksanaan PPKM Level 4 ini tetap sama dilakukan pada PPKM Darurat. Namun dengan strategi opsi penerapan protokol kesehatan lainnya.

Baca juga: Vaksinasi seluruh guru di Purwakarta ditargetkan selesai sebelum PTM

"Tetap sama untuk pelaksanaannya hanya strategi lain, prokesnya kita perketat di semua aktivitas masyarakat, dengan standar-standar yang kita tingkatkan," katanya.

Dalam penerapan PPKM Level 4 ada sedikit pelonggaran aturan kepada masyarakat. Di antara contohnya untuk warung makan diperbolehkan untuk makan di tempat dengan minimal waktu yang ditentukan selama 20 menit. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021