Bogor, (Antara Megapolitan) - Sebanyak tujuh paten hasil penelitian yang dinilai berpengaruh signifikan bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat umum menerima Anugrah Inventor Award dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 LIPI yang dipusatkan di kawasan Cibinong Science Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

"Pemberian Inventor Award sebagai bukti nyata hasil-hasil penelitian LIPI yang telah dipatenkan bisa dimanfaatkan oleh industri dan dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat," kata Kepala LIPI, Prof Iskandar Zulkarnain.

Iskandar menyebutkan, tujuh hasil penelitian yang memperoleh Inventor Award merupakan karya riset secara perorangan maupun kelompok atau tim peneliti.

Tujuh hasil penelitian itu yakni Biskuit untuk Penyandang Autis, Komposit dari Serat Mikro Kenaf dengan Polipropilena atau Poli Asam Laktat, Proses Pembuatan Sel dan Kluster Baterai Padat Lithium Berbasis Keramik, Bio-Toilet Berpengaduk Manual, Metode dan Alat untuk Meningkatkan kadar Methana dalam Biogas, Sari Tempe Manis dan Proses Pembuatannya dan Antena Radar Penetrasi Tanah Berbentuk Dasi Kupu-kupu.

Menurut Iskandar, ketujuh penemuan baru yang dihasilkan para peneliti LIPI ini berpengaruh signifikan bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat umum, sehingga layak diapresiasi karena telah berjasa menghasilkan invensi.

"Biskuit untuk penyandang autis merupakan salah satu inovasi yang berhubungan dengan komposisi produk makanan, khususnya biskuit bagi penyandang autis dengan formulasi menggunakan bahan dasar dari tepung campuran dekstrin garut dan tepung pisang," katanya.

Sementara itu, hasil riset Proses pembuatan sel dan kluster baterai padat lithium berbasis keramik, berhubungan dengan proses pembuatan lithium untuk berbagai kebutuhan, seperti mobil listrik.

Begitu juga dengan Bio-Toilet berpengaduk manual, lanjut Iskadar, penemuan ini berupa kloset duduk yang menggunakan bahan matriks dalam suatu wadah untuk menampung tinja manusia yang diproses secara alami oleh mikroba sehingga dapat menghasilkan pupuk kompos.

"Inventor Award merupakan penghargaan yang diberikan atas jasa para peneliti LIPI memunculkan hasil penelitian yang telah dipatenkan dan bermanfaat bagi masyarakat sekaligus mendorong produktivitas penelitian yang lain," kata Iskandar.

Iskandar menekankan, pemberian penghargaan tersebut diharapkan dapat memperkuat upaya LIPI dalam penguatan kompetisi dan inovasi ilmu pengetahuan.

Peringatan HUT ke-48 LIPI berlangsung semarak, selain memberikan Inventor Award, diisi dengan berbagai kegiatan seperti penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 kepada satuan kerja (Satker) LIPI. Penyerahan sertifikat ISO : SNI ISO/IEC 17025:2008, pemberiaan penghargaan kepada satuan kerja terbaik dalam penyusunan laporan keuangan dan barang milik negara, serta satuan kerja terbaik dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Selain itu juga, digelar kegiatan pemberian teknologi transfer award atau penghargaan alih teknologi, pemberian penghargaan kepada sivitas yang telah berdedikasi mengabdikan diri bagi LIPI melalui penyematan penyerahan tanda kehormatan satyalancana wirakarya. Serta penyerahan surat keputusan pencanangan zona integritas, peluncuran online InaCC, dan penyerahan Policy Brief Papua.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015