Bogor, (Antara Megapolitan) - Ratusan warga Keluraan Setu Gede, Kota Bogor, Jawa Barat menghadiri upacara pengibaran Bendera Merah Putih di tengah-tengah Setu Gede, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-70 RI.

"Situ Gede merupakan wilayah persembunyian warga disaat terjadi pertempuran para pejuang melawan penjajahan. Untuk itu upacara pengibaran bendera di tengah Situ Gede ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan bangsa Indonesia," kata Eman Sulaeman, di Bogor, Senin.

Pengibaran Bendera Merah Putih ini dilakukan oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Setu Gede yang juga Budayawan Bogor, Eman Sulaeman, sekitar pukul 10.00 WIB. Bendera dipasang di bambu setinggi 15 meter.

Selain mengibarkan Bendera Merah Putih di tengah Situ Gede, warga Kampung Jawa Kelurahan Situ Gede ini menghadiri upacara pengibaran dengan berpakaian ala pejuang kemerdekaan, petani, pegawai pemerintahan dan pakaian tradisional daerah.

Eman mengatakan, Situ Gede menyimpan sejarah penjuangan kemerdekaan, wilayah tersebut menjadi salah satu basis dari perjuangan melawan penjajahan. Oleh karena itu, kawasan tersebut harusnya dilestarikan.

Kegiatan unik memperingati HUT Kemerdekaan RI ini digagas oleh warga Kampung Jawa, Kelurahan Situ Gede, upacara dipimpin oleh Tokoh Masyarakat Eman Sulaeman dan Lurah.

Sebelum pengibaran bendera, warga mengikuti kegiatan mengheningkan cipta dan berdoa untuk para pahlawan dan sesepuh Situ Gede yang telah gugur di medan perang.

Tokoh masyarakat Kampung Jawa, Djadja Atmadja mengatakan, upaca unik yang diselenggarakan oleh warga di kampungnya dalam rangka mengajak masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan dan menumbuhkan rasa nasionalisme pada hari kemerdekaan.

"Selain itu, kegiatan ini bagian dari promosi wisata Situ Gede yang dilakukan oleh masyarakat. Karena Situ Gede merupakan salah satu objek wisata Kota Bogor yang perlu dikembangkan," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015