Bogor, (Antara Megapolitan) - Satelit LAPAN-A2 yang akan diluncurkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional pada September 2015 memiliki misi salah satunya mendukung pengembangan kemaritiman di Indonesia.

"Salah satu misi utama dari peluncuran LAPAN-A2 ini adalah untuk mendukung program pemerintah di bidang kemaritiman yakni melakukan deteksi kapal-kapal di perairan Indonesia," kata Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin dalam sosialisasi pemanfaatan teknologi satelit LAPAN-A2/Orari di Bogor, Kamis.

Ia mengatakan Satelit LAPAN-A2 dilengkapi dengan kamera digital memiliki resolusi 4-5 meter yang mampu melakukan pemetaan bumi termasuk deteksi kapal-kapal di perairan.

"Kami akan mengundang Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk bisa memanfaatkan data yang diperoleh oleh satelit ini," katanya.

Thomas mengatakan, tidak hanya untuk mendeteksi kapal di perairan, satelit juga memiliki muatan yang dapat melakukan pedeteksian pulau-pulau terluar, kebencanaan, dan juga untuk jaringan komunikasi Orasi.

Satelit LAPAN-A2 merupakan, merupakan satelit hasil pengembangan para peneliti LAPAN yang rampung dikerjakan pada Agustus 2012.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015